RADAR JOGJA- BPBD Sleman melaporkan adanya peristiwa hujan es yang terjadi di wilayah Kalurahan Bangunkerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman.

Peristiwa hujan es itu bersamaan dengan kejadian hujan lebat disertai angin kencang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Makwan menjelaskan,”Hujan es terjadi di Bangunkerto, Turi, sekitar pukul 15.00 WIB tadi,” katanya Selasa (2/3).

Makwan juga menyebutkan tidak ada dampak kerusakan yang ditimbulkan dari hujan es.

“Hujan es cuma sebentar, sekitar 10 menit dan tidak ada dampak kerusakan. Hujan esnya sebesar kelereng,” ujarnya.

Makwan menambahkan, beberapa wilayah terdampak hujan lebat disertai angin kencang. Ia menyebut beberapa wilayah dilaporkan ada pohon tumbang.

Kepala Stasiun Klimatologi Badan Meteorologi (BMKG) Jogjakarta  Reni Kraningtyas menuturkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogjakarta pun merespon terkait fenomena hujan es di wilayah Turi, Sleman sore ini.

Disebutkan bahwa dari pantauan radar cuaca BMKG memang terlihat ada aktivitas pergerakan awan cumulonimbus (Cb).

“Awan ini yang menyebabkan terjadinya hujan es, hujan lebat disertai petir dan angin kencang ,” ujarnya.

Reni menambahkan,peringatan dini cuaca DIJ tanggal 2 Maret 2021 pukul 14:15 WIB itu menyebut ada potensi terjadi hujan sedang-lebat meliputi Kabupaten Sleman yakni di Kecamatan Tempel, Turi, dan Pakem. Namun cuaca buruk itu berpotensi meluas ke Kecamatan Seyegan, Gamping, Godean, Mlati, Depok, Berbah, Prambanan, Kalasan, Ngemplak, Cangkringan  dan sekitarnya hingga pukul 16.45 WIB

Selain itu hujan lebat dan angin kencang juga diprediksi terjadi di Kabupaten Kulon Progomeliputi Kalibawang,  dan sekitarnya.

“Hujan lebat di Kabupaten Gunungkidul meliputi Kecamatan Ngawen dan dapat meluas ke wilayah Gedangsari, Patuk, Nglipar, Semin, Ponjong, dan Karangmojo, “tambahnya. (sky)

Sleman