RADAR JOGJA – Serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati Masa Bakti 2021-2026 dilakukan hari ini (1/3). Bertempat di Joglo Parasambyan, Kustini Sri Purnomo dan Danang Maharsa menerima serah terima dari Plh Bupati Harda Kiswaya.

Dengan dilantikan Kustini Sri Purnomo sebagai Bupati Sleman ini menandakan sejarah baru. Sebab, dia adalah bupati perempuan pertama di Bumi Sembada.

Plh Bupati Harda Kiswaya mengaku lega selama dua minggu kepemimpinan tidak mengalami kegiatan yang mendadak dan perlu konsultasi pemerintah provinsi. ”Kepada bupati baru, saya berpesan dapat melanjutkan prestasi bupati sebelumnya dan meraih banyak penghargaan,” harapnya.

Sementara itu, dalam pidato Gubernur DIJ yang diwakili oleh  Kepala Biro Tata Pemerintah Sugeng Purwanto, menyampaikan supaya bupati dalam membelanjakan APBD dan Danais untuk penanggulangan Covid-19. Juga dipergunakan untuk perbaikan ekonomi pasca vaksinasi.

”Kabupaten Sleman diibaratkan negeri para dewa, karena banyak kampus bercokol di Sleman. Misalnya saja UGM sebagai kampus negeri tertua dan UII sebagai kampus swasta tertua di Indonesia. Harapannya terjalin kolaborasi dalam mengembangkan potensi yang ada di Sleman,” pesannya.

Terpisah, Kustini mengaku siap memimpin rapat secara langsung bersama lurah dan perangkat desa.  Perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai ketua Tim Penggerak PKK ini siap bangun dini hari bila ada keadaan genting. ”Semoga Kabupaten Sleman dapat mempertahankan dan menambah prestasi,” tuturnya. (om1/ila)

Sleman