RADAR JOGJA – Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sleman H. Suryana, AMd.Kes memutuskan membuka dua unit usaha kuliner guna memberdayakan warga sekitar. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membantu masyarakat di dapilnya untuk tetap bisa berdaya.

Menurut Suryana akibat dampak dari pandemi ini banyak karyawan yang dirumahkan, maupun terpaksa di PHK. Sehingga dalam waktu setahun terakhir jumlah angka pengangguran meningkat.

“Saat ini, mencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19 bukan perkara mudah. Oleh karena itu, jika mencari lapangan pekerjaan sulit, kenapa tidak membuka lapangan kerja sendiri? Khsusnya bagi yang ada di sekitar kita,” kata Suryana Minggu malam (28/2).

Usaha tersebut berupa warung kuliner Ketingan Resto and Coffee di Dusun Ketingan dan Ayam Prothol Jogja di Jalan Kebon Agung, Bedingin Wetan, Sleman.

Pria yang juga berprofesi sebagai bong supit ini menjelaskan dengan dibukanya dua usaha kuliner ini diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lokal, atau setidaknya dapat menambah penghasilan.

“Semoga semakin memberikan dampak positif ke warga sekitar. Terutama manfaat untuk ekonomi mereka yang selama ini terkena imbas dari Covid-19,” ujarnya.

Anggota Dewan dari Partai Golkar ini mengungkapkan, dirinya membuka peluang kepada warga sekitar untuk dapat bekerja di tempatnya. Dia mengaku, dua tempat usahanya seluruh posisi diisi warga lokal.

Mulai dari memasak, menyajikan, pengurus warung hingga manajemen seluruhnya dari warga sekitar. Bahkan, dirinya juga membuka peluang kepada masyarakat yang ingin bermitra membuka warung Ayam Prothol Jogja miliknya.

Lebih lanjut Suryana mengatakan, pengembangan sektor pangan merupakan hal penting saat ini. “Ada peluang paling besar,” tegasnya.

Sebab selain dapat menarik warga luar untuk berkunjung, adanya usaha kuliner seperti ini juga dapat mengembangkan pariwisata berbasis desa atau desa wisata sekitar.

“Terpenting harus tetap mengedepankan kearifan lokal atau pro rakyat,” ungkap pria pemilik jargon ora loro.. ora loro ini. (obi/naf/ila)

Sleman