RADAR JOGJA- Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa terlantik Pilkada 2020 membuka vaksinasi tahap kedua di RSUD Sleman.

Vaksinasi ditujukan untuk pelayan publik seperti ASN, TNI, Polri, wartawan, tenaga pendidik, anggota dewan, dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Joko Hastaryo menuturkan ada sekitar 130 penerima vaksin. “Jadwal pertama sekitar 40 orang, lalu jadwal kedua Panewu dan Sekretaris Dinas 40 orang, serta terakhir anggota DPRD 48 orang,” jelasnya, Sabtu (27/2).

“Vaksinasi tahapan kedua ditargetkan sebanyak 40.000 penerima vaksin. Jumlah pendaftar saat ini mencapai 35.000 orang,” katanya.

Joko menyebut stok untuk vaksin di tahapan kedua juga dipakai untuk tambahan tenaga kesehatan yang belum menerima vaksin. “Jadi sambil berjalan tahapan kedua, kita juga selesaikan vaksinasi bagi tenaga kesehatan tambahan,” katanya.

Joko menyampaikan pendaftaran untuk vaksinasi gelombang pertama dibuka sampai dengan 28 Februari 2021, sedangkan untuk vaksinasi gelombang kedua ditujukan untuk Lanjut Usia (lansia) dengan usia di atas 59 tahun. Pendaftaran untuk lansia mulai dibuka 1 Maret 2021.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo mengatakan program vaksinasi menjadi bagian penting untuk menangani pandemi Covid-19 sehingga masyarakat tidak perlu takut. Ia pun mengajak peran aktif masyarakat untuk meningkatkan pemahaman kesadaran tentang pentingnya vaksinasi.

“Saya harapkan masyarakat tetap waspada dan melaksanakan Cita Masjajar, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Dengan pemberian vaksin tidak lantas kita bebas dan tidak mengindahkan protokol kesehatan,” ujarnya. (sky)

Sleman