RADAR JOGJA – Ketua Dewan Pimpinan Daerah NasDem Kabupaten Sleman, Surana mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati Sleman terpilih, Kustini Sri Purnomo – Danang Maharsa yang akan dilantik hari ini, (26/2). Meski di Pilkada Desember 2020 NasDem menjadi rival Kustini-Danang, Surana menilai kini saatnya soliditas antar komponen pemerintahan bersatu untuk mempercepat pembangunan di Sleman.

”KONTESTASI sudah selesai. Semua berjalan lancar. Kami ucapkan selamat. Kini saatnya semua elemen bersatu, mengawal, dan mendukung program kerja Bupati-Wakil Bupati terpilih,” ujar Surana.

Menurut Anggota DPRD Sleman itu, pasangan Kustini-Danang memiliki legitimasi yang sah dan kuat untuk didukung. Terlebih, Danang Maharsa merupakan salah satu putra daerah terbaik yang diyakini mampu mengemban tugas-tugas di bidang kesejahteraan rakyat.

”Kami menghormati legitimasi keduanya sebagai pemimpin terpilih, apalagi Wakil Bupati mas Danang adalah tokoh muda yang memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang Kesra. Saya yakin bersama Ibu Kustini, keduanya akan langsung ‘tancap gas’ membangun Sleman,” jelasnya.

Saat ditanya apa fokus NasDem untuk mengawal program kerja nanti, legislator tiga periode itu mengaku fraksinya akan berperan sebagai ”jembatan.” Peran ini berfungsi sebagai perantara aspirasi masyarakat kepada pemerintah daerah. Menurutnya, langkah ini sebagai bentuk pengabdiannya kepada masyarakat.
”Jembatan itu meskipun diinjak dan dilintasi, tetapi keberadaannya dibutuhkan untuk menghubungkan masyarakat dengan pemerintah. Jembatan juga menguatkan demokrasi partisipatif, demokrasi yang bermanfaat dan berkesinambungan. Tanpa jembatan, aspirasi masyarakat akan terhambat.

Begitulah komitmen kami dalam mengabdi kepada masyarakat,” tegas Surana.
Kustini-Danang Maharsa ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Sleman usai meraih suara terbanyak, yakni 217.921 suara atau 38,4%. NasDem yang saat itu mengusung kadernya Sri MuslimatunAmin Purnama mendapat 177.588 suara atau 31,3%. Sedangkan pasangan ketiga Danang Sulistya Wicaksana-Raden Agus Choliq mengumpulkan 171.083 suara atau 30,2%.

Usai dilantik, biasanya pemimpin baru memiliki target prioritas dalam 100 hari kerja. Surana menilai, program kerja prioritas hendaknya diutamakan pada pemanfaatan anggaran agar tepat guna. Begitupun dengan sistem kerja yang harus selalu amanah.

”Selalu amanah dan mengutamakan kepentingan masyarakat, termasuk pemanfaatan anggaran yang harus tepat guna. Semua ingin pembangunan di Sleman benar-benar berhasil. Sekali lagi saya ucapkan selamat bertugas kepada KustiniDanang Maharsa,” pungkasnya. (*)

Sleman