RADAR JOGJA – Ketua Komisi A DPRD Sleman Ani Martanti menggelar baksos di Padukuhan Pangukrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Rabu (17/2). Baksos meliputi pemeriksaan kesehatan, Cek USG Saluran Kemih dan pengobatan gratis pada masyarakat. Selain itu juga pemberian sembako mini.

Ani mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini menggandeng Dinas Kesehatan, Puskesmas Cangkringan dan Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebagai wujud nyata dan kepedulian pemerintahan terhadap pelayanan kesehatan warga, di padukuhan yang berjarak tujuh kilometer dari puncak Merapi. Jarak Puskesmas yang sedikit jauh, menyebabkan warga enggan datang ke Puskesmas untuk melakukan pengobatan. “Karena kondisi seperti ini, di tengah Pandemi dan siaga tiga Merapi, kami berupaya dengan jemput bola,” terang Ani, Rabu (17/2).

Pemeriksaan Cek USG Saluran Kemih dilakukan lantaran masyarakat agak mengabaikan kesehatan saluran kemih. Terutama bagi kalangan pria yang kerap mengidap. Faktor udara dingin, menyebabkan kurangnya konsumsi air dalam tubuh (kurang minum). Terlebih dibarengi dengan pekerjaan kasar, seperti angkat beban. Sehingga pengecekan ini menjadi penting. Sekaligus untuk mengedukasi masyarakat. Agar tak abai dengan penyakit tersebut. “Penyakit lainnya, seperti kanker prostat dan lain-lain, juga perlu pemeriksaan,” ucap politisi PKB tersebut.

Target pemeriksaan ini, 100 warga. Sedang pemberian sembako mini ini ada 170 paket. Kendati begitu, apabila melebihi target atau permintaan warga tinggi, tidak menutup kemungkinan, baksos kesehatan akan dilakukan di hari berikutnya.

Kepala Dinkes)Sleman Joko Hastaryo mengapresiasi kegiatan tersebut. Karena memberikan manfaat, selain adanya baksos juga mengenalkan devisi urologi departemen ilmu bedah. Dengan pengenalan ilmu tersebut, masyarakat menjadi lebih paham. Hal-hal apa saja yang harus dicegah supaya tidak sampai terjadi penyakit yang sering mengenai saluran kencing. “Apalagi ini devisi urulogi dari kelimpok bedah itu kan masih agak asing bagi masyarakat,” tuturnya. Dalam kegiatan ini, Dinkes turut membagikan masker gratis kepada masyarakat. (mel/pra)

Sleman