RADAR JOGJA – Penutupan Kantor Kalurahan Condongcatur diperpanjang hingga Minggu (21/2). Hal tersebut merujuk pada keputusan Lurah Condongcatur Reno Candra Sangaji usai mendapat informasi adanya penambahan kasus positif Covid-19 pada pamong dan staf Kalurahan.

Terbaru terdapat penambahan kasus positif Covid-19 pada 5 orang yakni Pamong, Staf Pamong Kalurahan dan keluarga Pamong. Hal itu mulai terdeteksi usai mengikuti Swab Test PCR yang dilakukan di Puskesmas Depok 2 Senin (15/2).

“Sementara ini masih ada empat orang yang kami tunggu hasil test PCRnya sore nanti,” jelasnya.

Reno mengatakan, keputusan perpanjangan penutupan kantor Kalurahan telah melalui koordinasi dan saran dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman Budiharjo.

“Kami langsung melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas PMK Sleman untuk tindak lanjutnya,” katanya saat dihubungi Rabu (17/2).

Reno tak menampik penambahan kasus dari tracing Kalurahan terus bertambah. Namun demikian pihaknya terus melakukan pendataan bagi warga yang kontak erat bekerja sama dengan Puskesmas Depok 2.

Selain itu, Destana Condongcatur terus melakukan upaya sterilisasi di seluruh ruangan kantor Kalurahan Condongcatur.

“Kami harap maklum, semoga masyarakat dapat menyesuaikan dengan kondisi dan situasi ini,” ujarnya.

Reno menegaskan untuk pelayanan akan dibuka kembali Senin (22/2). Sedangkan untuk penggunaan gedung serbaguna Condongcatur masih bisa dilaksanakan asalkan menerapkan protokol kesehatan ketat sesuai anjuran Pemerintah.

“Kami utamakan bagi yang sudah terjadwal itupun akan kami tegaskan terkait penerapan protokol kesehatannya. Setidaknya penerapan 5M,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Kabupaten Sleman Budiharjo saat dikonfirmasi membenarkan informasi tersebut.

Terkait penutupan sementara Kantor Kalurahan Condongcatur, pihaknya mengaku langsung berkoordinasi dengan Panewu Depok.

“Untuk kenyamanan bersama, saya mendorong sepenuhnya untuk terus melakukan sterilisasi lingkungan Kalurahan secara menyeluruh,” ujar mantan Panewu Depok ini.

Terkait pelayanan masyarakat yang sangat mendesak akan diarahkan ke Carik Condongcatur Sugiyanto yang berkantor sementara di Kantor Destana Condongcatur. (naf/ila)

Sleman