RADAR JOGJA – Ternak warga Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, yang sempat diungsikan ke kandang Singlar dan darurat, sudah terlebih dahulu dinaikkan atau dipulangkan. Kandang darurat sudah kosong dan mulai dilakukan sterilisasi Senin (25/1).

Panewu Cangkringan Suparmono menjelaskan, semua ternak warga Kalitengah Lor sudah dipastikan tidak ada di kandang evakuasi. Sebelumnya pemulangan ternak bersamaan pengungsi pagi ini (26/1), namun atas kesepakatan warga bersama, ternak terlebih dahulu dinaikkan ke Kalitengah Lor.

Menurut Suparmono, ternak yang ada di kandang Singlar terlebih dahulu dinaikkan. Sedangkan untuk ternak yang berjumlah kurang lebih 63 ekor di shelter ternak Barak Pengungsian Glagaharjo, dinaikkan pada Minggu (24/1). “Dengan armada disiapkan dari Dinas Pertanian dan kalurahan,” jelasnya Senin (25/1).

Sejak Senin (25/1) pagi, kata Suparmono, kandang sudah dibersihkan dengan cara disemprotkan disinfektan unfuk sterilisasi. Meskipun saat ini ternak sudah dikembalikan ke tempat pemilik, kandang yang ada di lapangan Barak Pengungsian Glagaharjo tidak akan dibongkar. Kandang akan tetap dilakukan perawatan jika nantinya dibutuhkan sewaktu-waktu.

Sedangkan bagi warga Kalitengah Lor akan dipulangkan seluruhnya hari ini (26/1) pukul 09.00. “Kalau kesepakatan terakhir, semua warga akan pulang. Kita tunggu saja perkembangannya,” kata Suparmono. (eno/laz)

Sleman