RADAR JOGJA – Pengoptimalan HT untuk kegiatan belajar mengajar (KBM) daring sejumlah SD di lereng Merapi bagian timur sementara ditunda. Sebab, HT masih digunakan untuk mitigasi bencana erupsi Gunung Merapi. Setelah Merapi dirasa aman, dapat digunakan kembali sebagai alat pendukung KBM.

Panewu Cangkringan Suparwono mengatakan, belum semua wilayah Cangkringan terdapat jaringan internet. Sebagian besar wilayah yang berada dekat dengan puncak Merapi merupakan area blank spot. Sehingga, tak jarang masyarakat mengandalkan HT untuk alat komunikasi. Terutama dalam hal mitigasi bencana.

“Paling sulit sinyal terutama di Kalurahan Glagaharjo,” sebut Supranowo Senin (25/1). Terparah di Dusun Jetis Sumur, Gading, Singlar, Glagahmalang, Banjarsari, dan Besalen. Sementara di Kalurahan Wukirsari berada di Dusun Gondang 2, Gondang Pusung, Salam, Krajan, Duwet, Cakran, dan Dongkelsari.

Kendati begitu, ada tiga sekolah yang terpaksa memanfaatkan HT untuk KBM daring. Yaitu di SD Bronggang baru, SD Pusmalang dan SD Kepuharjo.
“Kami laksanakan imbauan dari pemerintah seperti apa nanti. Jika daring ini berlangsung lama, besar kemungkinan pembelajaran sekolah di area blank spot didorong menggunakan HT. Ssebab mayoritas masyarakat di atas (lereng Merapi) kan memiliki HT,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ery Widaryana mengatakan, pihaknya hendak mengevaluasi metode pembelajaran daring pada semester sebelumnya. Pihaknya mengaku menerima berbagai masukan. Mulai dari keluhan orang tua menginginkan pembelajaran tatap muka bisa segera berlangsung, siswa sudah mulai bosan dan lain-lain.

Kendati begitu, mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang kian memprihatinkan, pembelajaran tatap muka yang rencannya akan dimulai 1 Februari mendatang, ditunda. Dia meminta agar orang tua dan siswa lebih bersabar. “Kita ikuti aturan pemerintah pusat,” kata Eri.

Disebutkan, sejauh ini pembelajaran daring di Sleman cenderung aman dan siswa mengikuti. Hanya saja beberapa di wilayah lereng Merapi mengalami blank spot. Namun beberapa sekolah pembelajaran berjalan dengan mengoptimalkan HT. “Kalau di wilayah bagian datar, saya kira sinyal tak ada masalah,” ungkapnya. (mel/laz)

Sleman