RADAR JOGJA – Proyek pembangunan tol Jogja-Bawen memasuki babak baru. Rencananya, hari ini (19/1) akan mulai dilakukan pemasangan patok lokasi terdampak jalan bebas hambatan ini. Dimulai dari Desa Banyurejo, Kapanewon Tempel, Sleman.

Tepatnya di seputaran SMPN 2 Tempel. Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIJ Krido Suprayitno menargetkan, proses pemasangan patok akan selesai Maret 2021. “Target selesai sekitar dua bulanan,” ujarnya Senin (18/1).

Lokasi pembangunan jalan tol sepanjang 8,5 km itu berada di 28 padukuhan, tujuh desa, tiga kapanewon di Sleman dengan perkiraan luas tanah kurang lebih 49,6 hektare. Sementara jumlah bidang tanah yang terdampak ada 915 bidang dengan 952 warga di dalamnya. Pada ruas jalan tol ini nantinya akan ada satu pintu keluar yang berada di simpang susun Desa Banyurejo, Tempel, Sleman.

Mengenai proyek tol Jogja-Cilacap, Krido menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu revisi detail engineering design (DED). Diperkirakan desain tol akan mengalami sedikit perubahan. Beberapa perubahan perlu dilakukan menyusul adanya protes dari warga. Misalnya di kompleks Pondok Pesantren Mlangi, Gamping.

Menurut Krido, saat ini ada tiga titik lokasi yang dibahas. Namun ia belum mau menyebut di mana saja titik-titik tersebut. “Ya, nanti saja saya infokan,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) ruas Semarang-Jogja Heru Budi Prasetyo menambahkan, pada Selasa ini (19/1) memang akan dilakukan seremonial pemasangan patok oleh Gubernur Hamengku Buwono X. “Setelahnya itu baru ada pemasangan patok. Dimulai dari Desa Banyurejo,” ungkapnya.

Dia menambahkan, proyek pembangunan ini membutuhkan sekitar 915 bidang tanah. Namun Heru memprediksi jumlah bidang tanah yang terdampak bakal bertambah. Kendati demikian, penambahan jumlah bidang terdampak itu tidak akan menambah luas lahan yang dibutuhkan.

“Sebelum diukur BPN (Badan Pertanahan Nasional) kan belum tahu. Nanti setelah diukur BPN baru ketahuan finalnya. Perubahan bidang, iya berubah, tapi luasan tidak,” tandas Heru. (kur/laz)

Sleman