RADAR JOGJA – Panewu Turi Subagyo memastikan penerangan jalan jalur evakuasi di wilayah Kalurahan Girikerto belum memadai. Ada beberapa titik yang belum terpasang penerangan jalan. Terutama di wilayah Dusun Ngandong, Dusun Tritis Kulon dan Dusun Sidorejo.

Pihaknya telah bersurat kepada Pemerintah Kabupaten Sleman, khususnya Dinas Perhubungan Sleman. Sayangnya hingga saat ini pemasangan penerangan jalan belum optimal. Walau telah terpasang, ada beberapa titik zona gelap.

“Wilayah Girikerto ini kan jalannya sempit, kanan-kirinya salak, jadi memang agak gelap. Itu ada di dusun Ngandong, Tritis dan Nganggring atau Sidorejo. Dari sana nanti ke bawah menuju barak pengungsian di dekat balaidesa Girikerto,” jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa(12/1).

Mantan Panewu Ngaglik dan Ngemplak memastikan telah ada pengajuan proposal. Tepatnya pasca kenaikan status Gunung Merapi menjadi Siaga atau Level III. Hanya saja kala itu fokus mitigasi masih di wilayah Kapanewon Cangkringan.

Seiring berjalan waktu, aktivitas vulkanik Merapi berubah. Terbukti dengan banyaknya luncuran guguran ke arah barat daya. Baik guguran lava pijar maupun awan panas guguran.

“Pengajuan proposal penambahan penerangan sudah sejak peningkatan status November itu, tapi belum direspon. Saat itu konsentrasi BPBD dan Dinas Perhubungan di Cangkringan. Ternyata akhir-akhir ini kok ke barat,” katanya.

Pihaknya akan kembali bersurat ke instansi terkait. Tujuannya untuk memastikan pemasangan lampu penerangan jalan jalur evakuasi. Terlebih aktivitas vulkanik Gunung Merapi terus meningkat.

“Dipasang tapi baru sebagian, nanti kami bersurat lagi ke Dishub. Girikerto ini wilayahnya padusunan, kalau patroli malam kelihatan gelap, kalau dititik yo banyak banget itu (zona gelap),” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dishub Sleman Arip Pramana mengklaim pemasangan lampu jalan jalur evakuasi telah berlangsung. Hanya saja belum semua titik terpasang. Fokus utama adalah jalur evakuasi utama di wilayah Girikerto.

Arip memastikan beberapa barak pengungsian sisi barat telah terang. Bahkan pihaknya juga menambah fasilitas lampu flash penerangan di kawasan barak pengungsian. Tak hanya di wilayah Turi gapi juga di kawasan Kapanewon Pakem.

“Seperti di Dusun Pelem dan Bangunmulyo dan Padukuhan Nganggring dan juga dari yang Purwobinangun arah Turgo sudah terpasang. Mungkin kalau yang dimaksudkan belum terang ya bisa jadi. Karena, belum merata, nanti saya kroscek,” katanya.(dwi/sky)

Sleman