RADAR JOGJA – Dulu sering dianggap sebagai ikan receh, kini pamor Guppy semakin naik. Sekarang harganya pun bisa mencapai juataan rupiah. Warnanya dan coraknya yang beraneka ragam membuat ikan ini semakin dilirik. Bahkan sekarang ada kontes khusus untuk ikan tersebut.

Pembudidaya Guppy Fortuna Farm asal Sleman, Muhammad Arga Savetiar Prasetya mengatakan, bahwa saat ini guppy kian digandrungi karena memiliki ratusan corak dan warna. Selain itu, tubuhnya kecil dan gerakannya indah. Perawatannya pun mudah sehingga membuat ikan ini diminati berbagai kalangan.

Arga mengungkapkan, bahwa dalam merawat ikan guppy juga tidak butuh kolam atau aquarium berukuran besat. Cara merawatnya pun tinggal menjaga kebersihan air, maka guppy peliharaan akan sehat dan hidup lama.
“Memulai hobi memelihara ikan guppy sebenarnya bisa dibilang susah namun juga cukup mudah jika sudah terbiasa,” ujar Arga kepada Radar Jogja, Kamis (10/12)

Untuk memulai hobi guppy, Arga menyarankan agar terlebih dahulu melihat kualitas air di rumah. Dia mengatakan bahwa guppy dapat hidup sehat pada air sumur dengan pH 6,5 sampai 7,2 yang memiliki suhu ideal 25-28 derajat celcius.

Sementara jika terpaksa memakai air keran, ada baiknya diendapkan terlebih dahulu selama tiga hari. Sebab, air keran memiliki kadar oksigen yang sedikit dan engendapan berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen di air tersebut.
“Karena jika kita langsung menggunakan air dari kran, maka si ikan guppy tersebut paling lama hanya bertahan selama 5 jam,”terang Arga.

Setelah memiliki air yang cocok untuk guppy, langkah selanjutnya adalah memilih jenis guppy yang ingin dipelihara. Arga menyampaikan, jika ingin memelihara guppy hanya untuk sekedar hiasan. Maka yang harus diperhatikan adalah memilih ikan yang paling lincah dan memiliki corak terindah dari ikan lainnya.

Sementara jika guppy peliharaan ingin diikutkan kontes, maka harus dipilih jenis-jenis tertentu. Adapun guppy yang masuk kriteria kontes oleh Guppy Indonesia Forum, haruslah memiliki Body (tubuh), Dorsal (sirip atas), Caudal (ekor) dan kelincahan yang bagus.

“Seluruh aspek tersebut harus diperhatikan karena ketika ingin membeli ikan guppy untuk kontes dan harus masuk dalam kriteria penilaian,” pesan mahasiswa ISI ini.

Lalu untuk harga, Arga menyampaikan bahwa saat ini ikan guppy dibandrol dengan harga bervariatif. Bila hanya guppy biasa atau gulpy cendolan, harganya hanya berkisar Rp 3.000-an saja. Namun jika sudah berbicara jenis tertentu, seperti AFR, Sky Blue, black moscow, Blue Grass, Red Lace, Koi, HB White,Yellow Cobra, Sky Blue, HB White, Blue Grass harganya berkisar dari Rp. 30.000 hingga Rp. 500.000.

Pada jenis AFR rentang harganya bahkan bisa mencapai Rp. 1.000.000 dan pada jenis Yellow Cobra rentang bisa mencapai Rp. 2.000.000. “Biasanya ikan yang paling mahal adalah ikan guppy yang memiliki corak seperti Red Lace, Yellow Cobra, Metal Snake Skin Blue Grass,” ujar Arga. (inu/bah)

Sleman