RADAR JOGJA – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman kembali menyelenggarakan Festival UMKM Sembada.

Memasuki tahun ketiga, rencananya pelaksanaan Festival UMKM Sembada ini akan digelar di Atrium Jogja City Mall (JCM) selama empat hari yakni Kamis (3/12) hingga Minggu (6/12).

Namun demikian, penyelenggaraan pameran ditengah pandemi Covid-19 ini nantinya tetap akan dilaksanakan dua versi yakni offline dan online.

“Pameran secara online bisa diakses melalui aplikasi Kendi Sembada,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sleman Drs Pustopo saat ditemui di Pendapa Parasamya Kantor Bupati Sleman Selasa (1/12).

Pustopo menegaskan, pameran tetap diselenggarakan ditengah pandemi karena dirinya tidak ingin sektor ekonomi di Kabupaten Sleman tertinggal.

“Jika kita hanya berhenti dan terus merenung karena adanya Covid ini maka kita akan semakin terpuruk,” ujarnya.

Akhirnya, lanjut Pustopo Festival UMKM Sembada Ke-3 sepakat tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Hal tersebut memang menjadi fokus utama dalam pameran. Sebab bila tidak diterapkan akan ada masalah di belakangnya. Seperti dikhawatirkan muncul klaster baru karena ada kerumunan.

“Untuk itu, kami tidak akan henti-hentinya memberi pengertian baik peserta atau pengunjung. Saat mengunjungi pameran ya wajib memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan lain sebagainya,” tegasnya.

Lebih lanjut Pustopo menjelaskan, Festival UMKM Sembada Ke-3 ini dibiayai dari APBD. Tidak ada target pengunjung. Rencananya, pameran akan diikuti sedikitnya 143 pelaku UMKM dari wilayah Kabupaten Sleman melalui seleksi ketat.

Pihaknya telah menyiapkan 64 both yang nantinya akan diisi aneka kerajinan, fashion, kuliner, flora dan fauna.

“Bisa saja satu both diisi lebih dari satu UMKM yang serumpun,” jelasnya.

Sedangkan untuk kriteria pameran, Pustopo menyebut akan ada dua kriteria peserta yaitu UMKM pemula dan UMKM yang sudah mapan.

Harapannya, dengan adanya dua kriteria tersebut UMKM pemula dapat belajar dengan yang sudah mapan lalu yang sudah mapan bisa menarik pengunjung untuk datang.

Selain pameran akan diadakan serangkaian acara lain seperti talkshow, aneka lomba untuk anak dan hiburan. (om1/naf/ila)

Sleman