RADAR JOGJA – Tiga bioskop yang ada di Sleman sejak Sabtu (14/11) sudah mulai beroperasi. Meskipun surat rekomendasi telah dikeluarkan, Dinkes Sleman tetap khawatirkan adanya klaster baru kasus positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo menjelaskan jika izin yang dikeluarkan, sebelumnya sudah mendapatkan assesment dari satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Sleman. Tiga bioskop tersebut berada di Kapanewon Sleman, Depok, dan Mlati. Seluruhnya sudah mengajukan izin rekomendasi dan telah memenuhi syarat yang ditentukan.

Seperti tempat duduk yang diberikan jeda, pengaturan waktu pemutaran film yang juga berjeda hingga pengaturan masuk dan keluarnya pengunjung. “Tidak lupa penyediaan handsanitizer dan sarana lain penunjang protokol kesehatan,” kata Joko Minggu (29/11).

Dengan dibukanya bioskop, Joko mengaku pihaknya masih khawatir akan adanya klaster baru. Mengingat sebelumnya, adanya klaster di wilayah perkantoran yang menggunakan AC central dalam ruangan. “Ruangan bioskop yang juga menggunakan AC central, dikhawatirkan juga menimbulkan klaster baru,” lanjutnya.

Nantinya, lanjut Joko, proses evaluasi akan dilakukan. Dimungkinkan, akan ada penambahan syarat yang diajukan kepada pihak bioskop. Seperti tidak boleh makan di dalam ruangan. Hal ini karena pengunjung akan membuka masker saat makan atau minum. Dari 5 bioskop yang ada, dua bioskop lainnya yang berada di Kapanewon depok diketahui belum beroperasi. “Keduanya memang belum mengajukan izin rekomendasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI Dewinta Hutagaol menuturkan, jika uji coba pembukaan bioskop sejak Sabtu (14/11) mendapatkan respon yanh baik dari masyarakat. Saat ini, pihaknya juga melakukan pemantauan selama uji coba pembukaan kembali bioskop. Terlebih dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan bioskop.

Meskipun demikian, kerjasama dari para penonton juga dibutuhkan agar tercipta lingkungan yang aman dan nyaman. Bersama-sama mendisiplinkan diri untuk menerapkan protokol kesehatan XXI New Habits saat berada di lingkungan bioskop. Seluruh pengunjung juga diminta untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan tangan selama berada di lingkungan bioskop. “Serta dianjurkan untuk tetap berada di rumah bila merasa kurang sehat,” kata Dewinta.

Menurut Dewinta, seluruh studio yang telah beroperasi hanya memutarkan empat show. Mulai dari pukul 12.00 hingga show terakhir pada pukul 20.45. Saat perpindahan show akan diberikan jeda selama 30 menit. Saat itu, tim akan melakukan general cleaning. Untuk penyemprotan disinfektan dilakukan di akhir hari dengan menggunakan cairan disinfektan anti-virus yang telah terserfikasi secara internasional. “Untuk tempat duduk juga diberika jarak dengan formasi 1-0-1-0. Karena kami berkomitmen untuk selalu mengikuti arahan dan instruksi baik Pemerintah Pusat dan Daerah perihal protokol kesehatan, termasuk untuk penerapan jaga jarak,” jelasnya. (eno/pra)

Sleman