RADAR JOGJA – PMI Pusat menerjunkan kendaraan taktis Hagglunds sebagai langkah evakuasi erupsi Gunung Merapi. Kendaraan ini memiliki spesifikasi khusus medan berat.

Kendaraan lintas medan ini pernah berperan dalam evakuasi erupsi Merapi 2010. Kala itu kendaraan ini untuk mengevakuasi warga di kawasan Glagaharjo, Umbulharjo dan Kepuharjo Kecamatan Cangkringan.

“Saat 2010 sudah pernah diterjunkan di wilayah Glagaharjo. Tapi hagglunds yang sekarang sudah ganti. Unit yang diterjunkan saat 2010 sedang dilakukan perbaikan. Unit ini tiba sudah dua hari yang lalu (10/11),” jelas Komandan Satgas Darurat Bencana Merapi PMI Sleman, Tri Joko Saptono ditemui di Posko PMI Pakem, Sleman, Kamis (12/11).

Kendaraan segala medan ini mampu menampung 6 orang di sisi kemudi utama. Ada pula trailer di sisi belakang. Bagian ini difungsikan untuk penumpang maupun evakuasi warga.

Secara umum kendaraan ini berfungsi sebagai pengganti ambulans di medan berat. Selain milik PMI Pusat ada pula Hagglunds milik Basarnas yang terparkir di Posko PMI.

Tidak sembarang orang bisa mengendarai kendaraan taktis ini. Pengemudi hagglunds harus mengantongi sertifikat khusus demi keamanan dan lancarnya proses evakuasi.

“Kalau driver dari  PMI DIJ hanya satu orang, itupun sudah bersertifikat. Nanti selain relawan PMI DIJ juga bisa dikendarai oleh unsur TNI seperti Kopassus dan personel lain yang mempunyai sertifikat,” katanya.

Kendaraan jenis all terrain vehicle ini memang diperuntukkan untuk melalui medan berat. Mulai dari jalanan rusak, bebatuan, tanah, lumpur bahkan air. Penggunaan di negara tentu hingga medan bersalju.

“Saat itu, hagglunds melakukan evakuasi terhadap warga dan melewati medan yang cukup panas. Kalau ambulan atau kendaraan biasa belum tentu kuat. Jadi memang sangat penting keberadaannya,” ujarnya.

Hingga waktunya digunakan, hagglunds terparkir di Posko PMI Pakem. Adapula hagglunds milik Basarnas di tempat yang sama. Kedua kendaraan medan berat ini siap membantu proses evakuasi. Khususnya saat erupsi Merapi terjadi. 

“Selain hagglunds kami juga menerima bantuan dua truk tanki air bersih. Fungsinya untuk menyediakan air bersih kepada masyarakat khususnya pengungsi di barak pengungsian,” katanya. (dwi/tif)

Sleman