RADAR JOGJA – PT Garuda Mitra Sejati (GMS) menegaskan tidak pernah melakukan proses rekrutmen karyawan. Hal tersebut diungkapkan manajemen PT GMS di depan awak media usai munculnya kejadian yang dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan PT Garuda Mitra Sejati.

“Kami mengimbau kepada para calon karyawan untuk lebih berhati – hati terhadap informasi di media online mengenai proses recruitment PT Garuda Mitra Sejati,” jelas Corporate Legal Manager PT GMS Renny Setyawati saat jumpa pers di The Rich Jogja Hotel, Rabu (28/10).

Renny mengungkapkan, kronologi kejadian bermula saat salah satu karyawan PT Garuda Mitra Sejati mendapat konfirmasi adanya undangan tes calon karyawan Kamis (24/10) pukul 11.00 WIB. Undangan mengikuti seleksi tersebut berisi persyaratan-persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

Renny juga membenarkan nama perusahaan telah dicatut dengan memberikan persyaratan khusus bagi calon karyawan. Salah satunya mewajibkan calon karyawan memesan tiket atau akomodasi yang telah ditentukan maupun pembayaran uang dengan jumlah tertentu.

“Informasi yang tidak bisa dipertanggung jawabkan seperti ini bisa menimbulkan potensi merugikan calon karyawan yang hendak mencari kerja. Apalagi ditengah Pandemi Covid-19,” katanya.

Diketahui saat ini PT Garuda Mitra Sejati menaungi The Rich Jogja Hotel, Jogja City Mall, Sleman City Hall, dan Top Malioboro Hotel.

Sementara itu, selaku Inhouse Lawyer PT.Garuda Mitra Sejati Dr Achiel Suyanto S, SH, MH, MBA menyampaikan, untuk menghindari kerugian kepada masyarakat lebih luas, para pencari kerja diaharapkan agar lebih cermat.

“Mohon lebih berhati-hati dan waspada terhadap modus yang dilakukan pelaku,” ujarnya.

Calon pekerja, lanjut Acil harus memastikan terlebih dahulu tentang kebenaran pengumuman, pemanggilan interview tersebut. Dengan cara konfirmasi ke hotline PT GMS di nomor 0274- 623143.

Terkait langkah Hukum, PT Garuda Mitra Sejati telah melaporkan hal tersebut ke Polda DIJ pada tanggal 27 Oktober 2020 dengan nomor reg 0540/X/2020/DIY/SPKT.

Acil berharap dengan langkah hukum dan tindakan preventif yang sudah dilakukan PT. Garuda Mitra Sejati dapat membantu para calon karyawan menghindari kerugian dari tindakan tidak bertanggung jawab pelaku. (sce/naf/ila)

Sleman