RADAR JOGJA – Dinas Pariwisata DIY terus menyosialisasikan penerapan pranatan anyar (aturan baru, Red) di destinasi wisata di DIY. Kali ini sosialisasi sekaligus simulasi diadakan di Kebun Binatang Mini Sleman atau Mini Zoo Sleman Exotarium di Desa Sendangadi, Mlati, Sleman.

“Simulasi kami awali dengan penyelenggaraan lomba mewarnai bagi anak TK dan pendidikan anak usia dini (PAUD),” ujar Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Banukerta Banaran Sendangadi Nurudin Fadil di sela acara Minggu (25/10).

Lomba mewarnai itu bertema Covid-19. Ada 35 anak-anak yang mengikuti lomba tersebut. “Target kami 50 peserta,” jelasnya. Setelah lomba itu, simulasi dilanjutkan dengan atraksi satwa koleksi Mini Zoo Sleman. Satwa yang ditampilkan berupa ular dan kelinci.

Dalam simulasi itu disampaikan bahwa setiap pengunjung wajib menggunakan masker. Mereka juga harus mencuci tangan dengan air  mengalir yang disediakan pengelola. Sebelum dan sesudah memegang satwa juga diwajibkan mencuci tangan.

“Kita patuhi semua protokol kesehatan dengan tertib,” ujar Fadil yang sehari-hari menjabat Dukuh Banaran ini.

Dalam simulasi itu, masyarakat juga dikenalkan dengan aplikasi visiting Jogja. Mini Zoo Jogja Exotarium termasuk destinasi wisata yang sudah dapat dikunjungi saat pandemi. Lewat aplikasi itu masyarakat tidak harus memesan tiket di lokasi. Namun bisa menggunakan media digital seperti transfter lewat bank, Ovo atau lainnya.

“Ketika diketahui jumlah pengunjung telah penuh sesuai protokol kesehatan, kunjungan dapat ditunda,” jelasnya. Dikatakan, selama masa pandemi sejumlah destinasi wisata dapat dikunjungi wisatawan. Namun jumlahnya dibatasi. Ada aturan ketat yang ditetapkan. “Itulah yang kami maksud dengan penerapan pranatan anyar,” jelasnya.

Selain masyarakat, peserta sosialisasi dan simulasi penerapan pranatan anyar diikuti jajaran Dinas Pariwisata Sleman, Forum Pimpinan Kecamatan Mlati dan tamu undangan lainnya. Peserta dibatasi tak lebih dari 50 orang. Acara juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya dan musik lokal. (kus)

Sleman