RADAR JOGJA – BPBD DIJ bersama pemerintah Kabupaten Sleman membagikan sebanyak 130.000 masker kain untuk warga Sleman. Kegiatan ini dilakukan di GOR Pangukan, Tridadi, Kamis (8/10). Pembagian ini masuk dalam program Pembagian Sejuta Masker.

Sebanyak 130.000 masker kain dua lapis dibagikan kepada masyarakat Sleman selama tiga hari dengan menyasar masyarakat umum, pasar, dan tempat perbelanjaan. ”Kami sudah menyerahkan sekitar setengah jam, tidak ada satu pun yang tidak memakai masker,” ujar Bupati Sleman Sri Purnomo.

Dia mengungkapkan, kesadaran warga Sleman dalam hal penggunaan masker sudah tinggi. Namun demikian, pihaknya terus akan mengingatkan kepada masyarakat bahwa Covid-19 masih mengintai.

Sementara itu, Ketua BPBD DIJ Biwara Yuswantana mengatakan, kegiatan Pembagian Sejuta Masker ini merupakan bagian dari upaya BPBD DIJ untuk mengingatkan masyarakat. ”Menggunakan masker merupakan salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Biwara juga menyampaikan kegiatan ini mendapatkan bantuan dari BNPB,” ungkapnya.

Ini melanjutkan mandat dari BNPB. ”BNPB membantu satu juta masker yang kemudian kami teruskan kepada masyarakat,” jelasnya.

Kegiatan Pembagian Sejuta Masker ini dilaksanakan di seluruh DIJ dengan total 650.000 masker. Masing-masing kabupaten/kota mendapatkan jatah 130.000 masker untuk kemudian dibagikan di 13 tempat. Rencananya kegiatan ini dilakukan sampai November. (om1/ila)

Sleman