RADAR JOGJA – Unit Sat Reskrim Polsek Sleman berhasil mengamankan seorang ibu muda berinisial DA. Dia kedapatan mencuri dua buah telepon genggam dan uang Rp 600 ribu untuk membeli susu.

“Peristiwa itu terjadi pada Kamis (2/9) lalu pada saat korban yakni Eko Mardiyanto, 21, menginap di rumah DA di Dusun Dukuh, Triadi, Sleman,” kata Kanit Reskrim Polsek Sleman Iptu Eko Haryanto, Selasa (6/10).

Dikatakan, korban merupakan teman suami pelaku, sehingga dia menginap di rumahnya. Pada saat korban terlelap, DA kemudian melakukan aksinya. “Saat esok hari korban membuka tasnya, dia kehilangan telepon genggam dan uang,” imbuhnya.

Korban kemudian mencari barang-barangnya, tetapi tidak kunjung menemukan. Setelah itu, korban kemudian menanyakannya kepada DA tentang keberadaan barang-barangnya. Tetapi, dia tidak mau mengakui dan mengelak bahwa dia tidak mengambil.

“Merasa ada kejangggalan, kemudia dia melapor ke pihak kami pada Sabtu (26/9). Kemudian kami lakukan pemeriksaan dan kami selidiki lebih lanjut kepada DA, akhirnya dia mengaku telah mengambil barang-barang korban,” ungkapnya.

Menurut pengakuan pelaku, dia mencuri karena faktor ekonomi. Dia harus membeli susu untuk anaknya sedangkan suaminya berpenghasilan pas-pasan.

“Uang Rp 600 ribu itu sudah dia gunakan untuk membeli susu, kemudian dia ganti. Dua ponsel yang dia curi akan dia jual dan akan dia pergunakan sendiri,” jelas dia.

Akibat perbuatannya, DA diancam hukumman 3 tahun penjara dan dijerat pasal 363 KUHP tindak pidana pencurian dengan pemberatan.

Polisi berhasil mengamankan dua unit telepon genggam, dompet warna hitam, dan uang Rp 600 ribu. (cr1/bah)

Sleman