RADAR JOGJA – Satpol PP Sleman mulai mengawal penerapan Peraturan Bupati tentang Penerapan Kedisiplinan dan Penegakan Hukum Terhadap Protokol Kesehatan per 10 September 2020. Salah satu yang menjadi perhatian Satpol PP Sleman adalah para pemilik unit usaha.

Satpol PP Sleman melakukan sosialisasi kepada pemilik unit usaha terkait dengan aturan yang harus diterapkan untuk ikut mengurangi dan mengendalikan penyebaran Covid-19. Satpol PP Sleman juga menindak apabila ada unit usaha yang melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan seperti penerapan jam operasional yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

”Pendisiplinan bagi unit usaha ini dilakukan berdasar pada Keputusan Bupati tentang Penerapan Jam Operasional, baik untuk jasa-jasa toko modern, jasa hiburan, dan bentuk unit usaha yang lainnya. Apabila tetap ada pelanggaran, maka unit usaha dapat terancam untuk ditutup sementara,” jelas Plt Kasatpol PP Arip Pramana saat memberikan keterangan kepada media di Pendopo Parasamya Sleman, Rabu (9/9).

Selain unit usaha, pendisiplinan protokol kesehatan terhadap perorangan juga menjadi pekerjaan bagi Satpol PP Sleman. Sebelumnya, pendisiplinan telah dilakukan di beberapa lokasi olahraga seperti Lapangan Pemda Sleman dan Stadion Maguwoharjo. Arip mengizinkan warga untuk melepas maskernya saat olahraga lari dan bersepeda. Namun dia mengimbau kepada masyarakat untuk mengenakan maskernya kembali pada saat istirahat. Apabila tetap terjadi pelanggaran, maka sanksi yang dikenakan dapat berupa teguran, peringatan tertulis, sanksi sosial, hukuman fisik, maupun denda administratif.

“Harus diakui bahwa pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan semua pihak. Harus ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat agar muncul kesadaran bersama terhadap kebiasaan baru,” jelasnya.

Menurutnya, Satpol PP Sleman sudah melakukan koordinasi dengan TNI/Polri untuk melakukan pendisiplinan dan penegakan hukum terhadap protokol kesehatan. Satpol PP Sleman bersama TNI/Polri sudah melakukan 42 kali operasi. Tak hanya itu, setiap hari dilakukan pula patroli sebanyak tiga kali dan pada saat akhir pekan berfokus di lokasi pariwisata. Rencananya, Satpol PP Sleman akan melakukan Operasi Patuh Masker dalam waktu dekat. (om1/ila)

Sleman