RADAR JOGJA – Konflik pembubaran posko dukungan operasional Satgas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) provinsi tak berdampak ke wilayah. Beberapa wilayah telah menerapkan manajemen pemakaman baik oleh rumah sakit maupun BPBD wilayah.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan memastikan tak ada dampak ke jajarannya. Hingga saat ini timnya masih melakukan pemakaman dengan protokol Covid-19. Tentunya melalui koordinasi dengan rumah sakit pemulasaraan jenazah.

“Hingga saat ini semoga tak berdampak. Kami tetap melayani pemakaman dengan protokol Covid-19,” jelasnya dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (26/8).

Mekanisme pemakaman diawali dengan permintaan dari rumah sakit di wilayah Kabupaten Sleman. Untuk selanjutnya mengantar jenazah ke alamat domisili di Sleman. Sementara untuk lokasi kuburan terlebih dahulu disiapkan oleh warga atau relawan setempat.

TRC BPBD Sleman sendiri memiliki peran sebagai koordinator. Tim yang bertugas merupakan gabungan dari berbagai elemen. Mulai dari anggota TRC BPBD Sleman, PMI Sleman hingga relawan. “Rumah sakit menghubungi call center pemakaman. Nanti proses pemakaman dikoordinasikan oleh TRC BPBD Sleman,” katanya.

Tim dukungan operasional pemakaman dan dekontaminasi TRC BPBD Sleman dibentuk sejak pandemi Covid-19. Hingga hari ke 126 tercatat telah melakukan 59 pemakaman dengan protokol Covid-19. Tim ini juga telah melakukan dekontaminasi kepada 639 armada. Adapula dekontaminasi personel sebanyak 1.502 petugas. Rata-rata perhari melakukan pemakaman 2 hingga 3 jenazah.

“Terbagi jadi dua tim. Regu pemakaman ada 4 regu dan dekontaminasi ada 3 regu. Kalau total personel ada 61 orang yang bertugas,” ujarnya.

Tak hanya Sleman, Satgas Covid-19 Bantul juga telah siap. Hal ini dipastikan langsung oleh juru bicara Satgas Covid-19 Pemkab Bantul Sri Wahyu Joko Santoso. Dia menjamin tak ada kendala dalam pemulasaraan dan pemakaman protokol Covid-19.

Penerapan pemakaman protokol Covid-19 telah berlangsung sejak awal pandemi. Dikuatjan dengan adanya Surat Keputusan Satgas Covid-19 Bantul. Berupa kewenangan rumah sakit dalam pemulasaraan hingga pemakaman. “Jadi nanti yang tanggung jawab itu rumah sakit. Dari mengurus jenazah hingga sampai pemakaman. Tapi tetap dibantu BPBD serta PMI. Peran ini tercantum di tupoksi SK Gugus Tugas,” katanya. (dwi/ila)

Sleman