RADAR JOGJA – Kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sleman terus bertambah. Laporan terakhir terjadi penambahan 18 kasus baru. Akumulasi total kasus positif di Sleman mencapai 449 kasus. Sementara total kasus aktif masih 126 pasien.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Sleman riwayat kedelapanbelas kasus baru beragam. Detilnya ada tujuh kasus hasil pemetaan tenaga kesehatan sebuah rumah sakit di Sleman. Lalu dua kasus pemetaan lingkup rumah sakit. Adapula satu kasus pemetaan di lingkungan masyarakat.

“Kami juga menemukan empat kasus dari pelaku perjalanan dan empat kasus merupakan hasil tracing kontak kasus,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Sleman Joko Hastaryo dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (21/8).

Total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dirawat di berbagai instalasi. Sebanyak 46 pasien dirawat di rumah sakit. Adapula 19 pasien yang menjalani rawat inap isolasi di Asrama Haji. Satgas Covid-19 Sleman juga mencatat 61 pasien melakukan isolasi mandiri di rumah.

Satgas Covid-19 Sleman juga mencatat lonjakan pasien sembuh. Data terbaru menyebutkan adanya 25 pasien yang dinyatakan sembuh. Dalam data ini juga tersebutkan akumulasi pasien sembuh mencapai 313 kasus.

“Kalau untuk catatan mortalitas berstatus pasien positif Covid-19 ada 10 kasus,” katanya.

Satgas Covid-19 Pemprov DIJ mencatat adanya penambahan 25 kasus baru. Tercatat sebagai pasien kasus 1144 hingga kasus 1168. Dinamika ini membuat akumulasi kasus Covid-19 di Jogjakarta mencapai 1.163 kasus.

Distribusi kasus berdasarkan domisili adalah dua kasus di Kota Jogja, empat kasus di Kabupaten Bantul dan 18 kasus di Kabupaten Sleman. Adapula satu kasus yang berasal dari luar Jogjakarta.

Pertambahan kasus baru terbagi dalam lima riwayat. 

Pertama, tujuh pasien hasil pemetaan karyawan kesehatan. Tujuh kasus adalah hasil kontak tracing kasus. Satu kasus hasil pemetaan masyarakat. Adapula lima kasus merupakan hasil pemetaan pelaku perjalanan.

“Kami juga masih mendalami catatan lima kasus tersisa. Kelimanya masih dalam penelusuran riwayat kontaknya,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Pemprov DIJ Berty Murtningsih.

Laporan kasus sembuh terus meningkat setiap harinya. Catatan terbaru ada 28 pasien dinyatakan sembuh. Sebanyak 25 pasien berasal dari Sleman dan masing-masing satu pasien dari Kota Jogja, Kulonprogo dan Gunungkiduk. Akumulasi pasien positif Covid-19 sembuh di Jogjakarta mencapai 793 kasus. 

“Hari ini kami mendapatkan laporan satu pasien positif meninggal dunia. Detilnya kasus 1155, pasien laki-laki berusia 53 tahun asal Kota Jogja. Sehingga total kasus meninggal menjadi sebanyak 32 kasus,” katanya. (dwi/tif)

Sleman