RADAR JOGJA – Semangat gotong royong untuk menggerakan perekonomian masyarakat masih ada di DIJ. Salah satunya melalui “Koperasi Peternak Roekoen” di Hargobinangun, Pakem, Sleman.

Di sana, kelompok ini akan mengintegrasikan peternakan dengan pertanian. Selain dengan breeding dan pembesaran kambing juga akan mengolah kotorannya menjadi pupuk organik. Sehingga akan memastikan pengolahan lahan, baik ladang maupun persawahan dengan pola pertanian organik.

Inisiatif warga itu disambut baik Sekretaris DPD PDI Perjuangan DIJ Totok Hedi Santosa. Didampingi anggota DPRD DIJ Rita Nurmastuti, anggota DPRD Sleman Ari Murti dan Danang Maharsa, serta ketua PAC Pakem Heri dan Sekretaris Ika, dengan menghadiri dan meresmikan berdirinya “Koperasi Peternak Roekoen”. “Kami mengapresiasi koperasi yang diinisisasi kader-kader di tingkat ranting Hargobinangun ini,” ungkapnya, Sabtu (20/6).

Dalam acara berupa kenduri dengan masyarakat sekitar, Tototk menyebut, upaya seperti ini adalah wujud dari semangat mandiri. Yang berbasis kemauan bekerja sama dan bergotong royong dengan seluruh stakeholder di masyarakat. “Semangat gotong royong sangat sesuai dengan kultur masyarakat, untuk itu harus terus menerus direvitalisasi, digalakan agar banyak hal yang menjadi keinginan positif masyarakat bisa diakselerasi,” ujarnya.

Totok menambahkan, upaya seperti itu sangat disambut baik oleh PDI Perjuangan. Itu karena sangat sesuai dengan visi dari PDI Perjuangan. Yakni mensejahterakan masyarakat. PDI Perjuangan akan terus menerus mendorong kelompok ini dan lainnya. “Tujuannya agar ke depannya masyarakat semakin mampu untuk terlibat aktif berada, dan mengupayakan gerakan serupa, sehingga akan terjadi mobilisasi ekonomi di tingkat desa,” tuturnya. (inu/pra)

Sleman