RADAR JOGJA – Sembodo 2020 me-launching logo dengan tagline Menuju Sleman Baru, Sabtu malam (5/6). Sembodo 2020 merupakan tim sukses yang mendukung Reno Candra Sangaji maju menuju kursi Sleman 1 dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang.

Peluncuran digelar di Joglo Cepit kediaman Reno yang berada di Dusun Puren,  Condongcatur, Depok, Sleman. Peluncuran dihadiri langsung Reno Candra Sangaji, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa Condongcatur. Hadir pula beberapa perwakilan relawan dan para seniman se-Kabupaten Sleman.

Sembodo 2020 meluncurkan logo dengan tagline Menuju Sleman Baru.

Direktur Sembodo 2020 Drie Rahmad Raharjo mengatakan, timnya juga meluncurkan tagline Menuju Sleman Baru. “Semoga dari tagline Menuju Sleman Baru ini nantinya dapat mewakili apa yang menjadi visi dan misi Reno maju sebagai bupati Sleman,” katanya.

Drie Rahmad Raharjo mengungkapan, logo tersebut mengandung banyak makna dan filosofi. Di dalamnya ada warna, tulisan, hingga beberapa simbol khas Kabupaten Sleman. “Terdapat dua gambar khas Sleman yakni candi dan gunung di dalam satu lingkaran,” jelasnya runtut.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pakde Endik ini menyatakan, candi yang dibuat besar satu di tengah dan dua seimbang kecil di samping kanan dan kiri melambangkan kekuasaan atau kepemimpinan yang adil dan mengayomi. Warna kuning pada candi dipilih karena mengandung arti ceria, hati-hati, optimistis, semangat, dan berjiwa muda.

Sedangkan gambar gunung diartikan sebagai salah satu sumber kehidupan di sekitarnya. “Banyak kehidupan yang bergantung padanya. Seperti aneka jenis flora dan fauna, bahkan manusia, banyak yang menggantungkan dan menjadikan gunung sebagai tumpuan hidupnya,” paparnya.

Selain itu, Endik menggambarkan, pemimpin yang baik sering diumpamakan sebagai gunung. Sebab, gunung dinilai memberikan tempat untuk tumbuh dan berkembangnya kehidupan masyarakat di sekitarnya.

“Warnanya hijau elegan, ayem, menyembuhkan, dan menimbulkan perasaan empati terhadap orang lain,” katanya ditemui di sela acara.

Dalam bentuk kepribadian, Endik menjelaskan, hijau memiliki sifat tenang, berpikiran dewasa, dan sopan. Warna hijau juga memiliki sifat keseimbangan dan selaras.

“Semua itu berada pada lingkaran yang berfungsi untuk mengikat semua doa, harapan, dan cita-cita dalam mewujudkan Sleman suasana baru,” ujarnnya.

Tulisan Menuju Sleman Baru berwarna merah muda dibuat dengan font sama di logo Sleman yang diberi sentuhan kapital juga nemiliki makna khusus. Maknanya yakni apa yang sudah ada dan baik di Sleman akan tetap dipertahankan dan diperjuangkan.

“Tentunya ada sentuhan perbaikan dan penyempurnaan untuk menuju Sleman lebih baik,” jelasnya

Sementara warna pada tulisan dipilih warna kombinasi merah muda yang bermakna pemberani, kuat, terdepan, semangat, bahkan cinta. Memberi ketenteraman dan kenyamanan.

Sementara itu, Reno Candra Sangaji antusias menyambut logo dan tagline tersebut. Menurutnya, logo dan tagline tersebut membuatnya semakin mantap melangkahkan kaki berkompetisi menuju kursi Bupati Sleman.

“Sleman yang baru tentunya menjadi keinginan semua warga Sleman. Sleman baru yang warganya lebih sejahtera, lebih sehat, lebih berbudaya, dan sebagainya. Insyaallah saya siap mewujudkannya,” tegas Reno. (*/naf/ila)

Sleman