RADAR JOGJA -Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Masjid Agung Sleman dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB. Salat Ied ini diikuti oleh sekitar 600 jamaah.

Menurut Takmir Masjid Agung H. Agaerul, Salat Ied di Masjid Agung Sleman dilaksanakan untuk memfasilitasi jamaah sekitar masjid Agung yang merasa kurang mantap melaksanakan di rumah masing-masing.

Dalam pelaksanaannya tetap mematuhi standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. “Sebelun masuk masjid jamaah dicek ukur suhu badan, wajib memakai masker, bawa alat salat sendiri, wudhu dari rumah dan menjaga jarak yang sudah ditentukan,” jelasnya.

Imam salat oleh H Charis Thohari dan khotib Prof DR H Abdul Mustaki dari UIN. Dalam khotbahnya khotib mengingatkan kepada jamaah dalam suasana lebaran ini untuk dapat mengikuti anjuran pemerintah dan menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat.

“Kita hendaknya dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat dalam situasi sekarang ini,” ujar khotib.

Silaturahmi dapat dilakukan dengan teknologi yang ada saat ini tanpa mengurangi makna karena kita sadar aktivitas terbatas. Konsep silaturahmi dapat diimplementasikan dengan memberikan bantuan kepada orang lain. Juga melalui upaya saling mendoakan agar diselamatkan dari musibah dan musihbah segera berakhir sehingga kita dapat melakukan aktivitas seperti semula. (sky/ila)

Sleman