RADAR JOGJA – Pengelola Pasar Tradisional Kolombo, Condongcatur, Depok, Sleman mewajibkan pedagang ataupun pengunjung yang sedang beraktivitas di lingkungan pasar memakai masker.

Hal tersebut dikatakan Lurah Pasar Kolombo Murgiyanto usai memasang spanduk  imbauan wajib memakai masker di lingkungan pasar, Selasa sore (28/4).

“Kami pasang di setiap pintu masuk pasar desa, jumlahnya ada lima titik,” kata Murgiyanto saat ditemui.

Lebih lanjut, Kasi Kesejahteraan Desa Condongcatur ini mengungkapkan, tujuan dari pemasangan spanduk untuk meningkatkan kesadaran masyarakat  bahaya Covid-19.

Hal tersebut penting dilakukan sebab merupakan upaya antisipasi dan preventif pengelola pasar dalam menekan serta memutus angka penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). “Pertahanan terakhir kita dari masuknya virus korona melalui mulut dan hidung adalah masker,” ujarnya.

Pengelola pasar juga membagikan masker kepada pengunjung jajanan buka puasa yang berada di depan pasar desa. “Kami berikan gratis bagi pengunjung yang belum memakai masker,” ujarnya

Pihaknya juga mengingatkan agar segera pulang jika sudah selesai berbelanja. Murgiyanto berharap dari sedikit gerakan ini, kesadaran dan disiplin diri masing-masing individu dapat terbangun. Dengan begitu, ditengah pandemi Covid-19 tercipta saling menjaga satu dengan yang lain.

“Maskerku melindungimu, maskermu melindungiku,” tambahnya.

Selain itu, untuk memberi suasana aman dan nyaman bagi pedagang dan pengunjung di lingkungan pasar, disiapkan 14 tempat cuci tangan (wastafel) di titik-titik strategis. Juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin setiap dua hari sekali.

“Aktivitas di pasar ini melibatkan sedikitnya 1.500 orang per harinya, sehingga beberapa fasilitas yang ada ini dibantu pihak swasta,” ungkapnya. (*/naf/ila)

Sleman