RADAR JOGJA – Sebanyak 61 orang anggota TNI Kodim Sleman melakukan donor darah di aula Makodim Sleman, Selasa (7/4). Kegiatan donor darah ini dalam rangka mengatasi kekurangan persediaan darah selama pandemi covid-19 di wilayah Kabupaten Sleman. 

Wakil Bupati Kabupaten Sleman Sri Muslimatun mengatakan, Pemkab Sleman saat ini tengah gencar melakukan donor darah dengan sistem jemput bola.

“Karena pergerakan orang juga dibatasi. Maka yang cara efektifnya yaitu jemput bola. Kami langsung datang ke tempat pendonor darah juga agar ada social social distancing,” ujarnya saat ditemui di sela acara.

Sri menyebutkan sebelum adanya wabah Covid-19, PMI Kabupaten Sleman dapat mengumpulkan antara 50 sampai 75 kantong per harinya. Namun, saat ini hanya mampu mengumpulkan 25 sampai 30 kantong per hari. Untuk itu, Pemkab Sleman memerintahkan seluruh ASN, TNI dan Polri untuk melakukan donor darah. 

“Saat ini di Kabupaten Sleman sudah ada persediaan 100 kantong. Sehingga tidak perlu khawatir,” ujarnya. 

Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman, Letkol Inf Diantoro mendukung kegiatan ini dengan menyiapkan 61 anggotanya untuk berpartisipasi.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberiman sumbangsih terhadap ketersediaan stok darah di Kabupaten Sleman,” ungkapnya. (sky/tif)

Sleman