RADAR JOGJA – Duta Besar New Zealand untuk Indonesia Jonathan Austin melakukan kunjungan ke Pusat Rehabilitasi Yayasan Kristen untuk Kesehatan Umum (YAKKUM, Jumat (14/2)). Kedatangannya untuk ikut memperkenalkan program Barista Inklusi.

Ini adalah program pelatihan bagi disabilitas untuk meracik kopi. Program tersebut, sudah masuk gelombang ketiga sejak dimulai Januari lalu dan akan berakhir Maret mendatang. Pelatihan tersebut diikuti enam penyandang disabilitas dari berbagai wilayah di Indonesia. “Kami selalu mendukung penguatan dalam hal pemberdayaan disabilitas di Indonesia,’’ jelasnya.

Dia pun mengaku senang bisa berkunjung ke Jogjakarta. Terlebih lagi banyak pihak yang ikut berjuang untuk kesejahteraan penyandang disabilitas. Termasuk Pusat Rehabilitasi YAKKUM sudah mendapatkan banyak support dari pemerintah New Zealand.

Pengurus YAKKUM Bagoes Widjanarko menyampaikan, pihaknya sangat tertarik untuk belajar negara New Zealand untuk mengembangkan isu disabilitas. Khusus pemberdayaan para penyandang disabilitas. YAKKUM adalah lembaga swadaya masyarakat a yang mempunyai mandat untuk mendukung penyandang disabilitas.  Sudah 37 tahun, yayasan tersebut membantu memenuhi hak-hak penyandang disabiltas dan membangun masyarakat yang inklusif melalui layanan yang berkualitas, terjangkau, dan terpadu.(inu/din)

Sleman