ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA
TERTUNDUK: TR, 35, warga Godean hanya tertunduk saat petugas menggelar rilis kasus di Mapolres Sleman beberapa waktu yang lalu.

RADAR JOGJA – Tega. Pria berinisial TR, 35, warga Godean, Sleman yang bekerja sebagai buruh lepas nekat mencuri motor di siang bolong. Ironisnya itu dia lakukan di rumah tetangganya. Yakni Nenzziana Luvitasari di Dusun Semingin, Sumbersari, Moyudan.
Kanit Tindakan Pidana Tertentu (Tipidter) Satreskrim Polres Sleman Ipda Apfryyadi Pratama menjelaskan pencurian beserta surat-suratnya itu dilakukan 21 Desember 2019. Sebelum kejadian pencurian, korban bersama semua keluarga pergi ke Pasar Kranggan.”Korban sudah memastikan semua pintu dan jendela rumah sudah terkunci,” ujar Apfryyadi (9/1).
Namun, setelah kembali ke rumah sekitar pukul 14.30 WIB, korban mendapati pintu belakang dalam keadaan terbuka. Terdapat kerusakan pada engsel dan kunci grendel pintu. Korban, lantas mengecek barang-barang di dalam rumah.
Setelah dilakukan pengecekan, satu unit sepeda motor Honda Vario warna merah dengan nomor polisi AB 6576 B telah hilang. Bukan hanya sepeda motor yang hilang, namun juga STNK motor. Korban juga mengecek lemari yang tidak jauh dari posisi motor, ternyata BPKB juga raib.
Dari hasil penyelidikan, pelaku berhasil diamankan di Jalan Wates pada 23 Desember. Dua hari setelah kejadian pencurian. Kepada petugas, pelaku langsung mengakui perbuatannya. Kepada petugas, pelaku mengaku telah mengenal siapa korban. Jarak antara rumah korban dan pelaku juga tidak terlalu jauh. Sehingga pelaku mengetahui bagaimana aktivitas keseharian korban saat meninggalkan rumah. “Korban ini memang sudah diincar oleh pelaku karena mereka tetangga cuma beda kelurahan saja,” katanya.
Ketika petugas menanyakan keberadaan kenderaan yang dicuri, ternyata pelaku sudah menjualnya ke showroom. Seharga Rp 7 juta. “Karena dia (pelaku) memiliki BPKB dan STNK itu makanya showroom mau menerima,” ucapnya.
Pelaku mengaku terpaksa mencuri lantaran kepepet kebutuhan ekonomi dan bayar hutang. “Hasil curiannya untuk kebutuhan keluarga dan bayar utang,” kata TR. (har/din)

Sleman