RADAR JOGJA – Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman mewaspadai beberapa lokasi rawan kemacetan. Terutama selama libur Natal 2019 dan tahun baru 2020 (Nataru).

Titik rawan kemacetan tersebar di lima ruas jalan yang didominasi jalan nasional. Mulai ruas Jogja-Tempel, Ringroad Barat, Jogja-Wates, Ringroad Utara dan Jogja-Prambanan.

Kasie Angkutan Terminal Bidang Trasportasi Dishub Sleman Tetty Tamiyati mengatakan titik rawan macet saat tahun baru di antaranya ruas Jogja-Tempel. Mencakup Simpang Palbapang (Tempel), Simpang Beran atau Wadas, Simpang Denggung, dan Simpang Jombor.

Rawan kemacetan diperkirakan juga akan terjadi di ruas Ringroad Barat. Mencakup Simpang Kronggahan, Simpang Demak Ijo, Simpang Pelemgurih, dan Simpang Gamping.

“Di ruas Ringroad Utara, rawan macet di Simpang Monjali, Simpang Kentungan, Simpang Gejayan dan Simpang Condongcatur,” jelas Tetty (13/12).

Sementara itu, underpass Kentungan akan dibuka dengan status uji coba pada Kamis (19/12) sampai Senin (6/01). Diharapkan bisa memperlancar arus lalu lintas dan angkutan pada libur Nataru.

Kebijakan uji coba tersebut masih di bawah wewenang Dishub DIJ. Sampai saat ini, pihaknya belum diajak koordinasi lebih jauh dengan personel lapangan untuk detail lain.

Sedangkan ruas Jogja-Prambanan, ada beberapa titik yang diwaspadai akan terjadi kemacetan. Mulai dari Simpang Janti, Simpang Maguwo, Simpang Bandara Adisutjipto, Simpang Raden Ronggo, Simpang Kalasan dan Simpang Prambanan.

Selain titik macet, ada beberapa lokasi rawan kecelakaan. “Mulai dari Jalan Wates, Jalan Godean, Jalan Solo, dan Jalan Magelang,” ujar Tetty.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, meskipun pihaknya tidak membuat posko, sebanyak 43 personel diturunkan dan berjaga 24 jam.

Pesta kembang api akan disebar di beberapa titik. Di antaranya di Prambanan, Monjali, Kaliurang, dan Denggung. (eno/iwa/rg)

Sleman