JOGJA – Permintaan tenaga kerja di sektor pariwisata dan perhotelan setiap tahun terus meningkat.  Peluang besar tersedia bagi calon tenaga kerja yang handal dan kompeten. Karena industri pariwisata dan perhotelan saat ini sangat membutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill dan sudah siap kerja.

Salah satu cara yang ditawarkan untuk membangun calon tenaga kerja yang berkualitas adalah melalui Program Pelatihan. Universitas Gadjah Mada, melalui PT Gama Multi Usaha Mandiri, membuka program pelatihan perhotelan Sembilan bulan. “Dirancang khusus untuk mencetak calon tenaga kerja yang handal dan kompeten, sesuai dengan kebutuhan industri pariwisata dan perhotelan saat ini,” kata Corporate Public Relations Gama Multi Group Indah Subadra saat kunjungan ke kantor Radar Jogja Rabu (31/7).

Lulusan SMA Umum, lulusan SMK Perhotelan, dan lulusan D1, D2, D3 Sekolah Perhotelan bisa mengikuti pelatihan. “Pemateri yang kami sediakan terdiri dari pengajar dan praktisi perhotelan, yaitu General Manager hotel berbintang, yang akan memberikan ilmu dan pengalaman sesuai dengan kebutuhan industri perhotelan saat ini,” tambahnya.

Menurut dia, program pelatihan perhotelan ini oleh Gama Multi Group bertolak dari keprihatinan banyaknya pengangguran dari lulusan-lulusan SMK. Khususnya pada bidang pariwisata dan perhotelan. Melalui program Pelatihan Perhotelan ini,  Gama Multi Group bertujuan untuk membantu lulusan SMK agar bisa diserap dunia kerja serta menjamin lulusan SMK yang mengikuti pelatihan ini diterima bekerja di perhotelan. “Sebab itu, pelatihan ini dilengkapi dengan pemagangan selama tiga bulan setelah materi klasikal,” tuturnya.

Pelatihan dilaksanakan di UC Hotel UGM. Selama sembilan bulan ini, peserta pelatihan benar-benar dilatih dan dididik untuk menjadi tenaga kerja yang handal dan profesional. “Kami menekankan pada praktek dan role play agar peserta memiliki skill yang kompeten yang sangat dibutuhkan ketika mereka memasuki industri perhotelan dan pariwisata,” ungkapnya. (sce/pra/er)

Sleman