SLEMAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman memulai renovasi jembatan Kenayan II. Akses jalan yang melewati jembatan tersebut ditutup mulai kemarin.

Penutupan itu dilakukan sampai empat bulan ke depan. Menunggu selesainya pembangunan Jembatan Kenayan.

Satu alat berat beroperasi melakukan renovasi. Alat berat tersebut mengeruk bagian bawah jembatan dan menggali bebatuan yang masih bisa digunakan untuk bahan konstruksi.

Penutupan akses Jalan Pringgodani yang melewati Jembatan Kenayan II membuat warga sekitar harus berputar cukup jauh. Bahkan ikut memengaruhi perekonomian warga.

Salah seorang warga setempat yang membuka jasa laundry, Rosidi, memprediksi omzetnya menurun. Karena akses jalan ditutup.

“Namun, demi kepentingan umum, saya tidak apa-apa. Nanti setelah jembatannya bagus kan semuanya jadi lancar,” ujar Rosidi.

Jembatan Kenayan II merupakan jembatan yang usianya sudah uzur. Warga tidak tahu pasti kapan terakhir kali jembatan tersebut diperbaiki.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sleman Sapto Winarno menyatakan jembatan tersebut sudah waktunya diperbaiki. Lebar jembatan juga akan ditambah.

Sapto mengatakan pengerjaan jembatan memakan waktu 120 hari. Dana yang dibutuhkan mencapai Rp 2 miliar. Berasal dari dana APBD Sleman tahun 2019.

“Setelah diperbaiki, jembatan bisa semakin memperlancar kegiatan masyarakat,” kata Sapto. (cr12/iwa/fj)

Sleman