SLEMAN – Wrapping alias membungkus mobil dengan stiker kian marak digunakaan. Banyak alasannya melakukan wrapping ini. Sebagai perlindungan cat. Atau hanya sekadar gaya-gayaan. Juga untuk menambah keindahan penampilan sebuah tunggangan.

Agung Wahyudi dari Great Autowrap Sleman menyatakan wrapping atau pemasangan stiker pada mobil memiliki banyak kegunaan. Yakni untuk melindungi cat asli pada bodi mobil. Selain itu pemasangan stiker pada mobil juga dapat menambah gaya pada mobil itu sendiri. “Tapi hanya goresan kecil saja,” kata Agung, Senin (22/7).

Agung biasa menggunakanĀ  bahan oracal dalam melakukan wrapping. Menurutnya, bahan tersebut cukup bagus dan awet. Stiker di mobil paling lama bisa bertahan empat tahun.

Saat ini pilihan warna stiker yang bisa dipasang kian banyak. Hal itu membuat para pengguna mobil kian berminat untuk memasang stiker pada mobil mereka. Untuk stiker warna hitam saja pilihannya ada banyak sekali. Belum warna yang lainnya.

Namun, proses pemasangan stiker pada mobil tidak mudah. Butuh keahlian khusus. Paling tidak untuk pemasangan full body membutuhkan waktu tiga sampai empat hari. Lamanya pemasangan itu lantaran para pekerja stiker harus membongkar beberapa bagian dari bodi mobil demi kerapian pemasangan tersebut.

Nah, bagaimana jika sudah bosan atau warnanya pudar ? Ketika akan melepas stiker dari bodi mobil, para pengguna disarankan untuk datang langsung ke bengkel khusus. Hal tersebut dikarenakan, jika dilakukan secara sembarangan, stiker yang sudah lama menempel akan mengganggu cat asli mobil karena stiker tersebut terlalu lama menempel pada bodi mobil tersebut. Jadi, jangan sembarangan melepasnya.(cr12/din/er)

Sleman