SLEMAN – Dua buah kendaraan yakni sebuah truk yang mengangkut kayu dan mobil Land Rover terguling ke dalam galian proyek underpass Kentungan, Senin siang (23/7). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun korban yang berada dalam mobil Land Rover diketahui satu keluarga asal Australia.

Salah satu saksi mata yang kantornya berada di seberang jalan, Budi Prasetyo mengatakan, saat kejadian dia berada di kantor. Sesaat setelah mendengar ada suara keras dari luar, dia melihat ada gumpalan debu dari arah proyek.

”Kayanya itu truk pas anjlok. Tadi belum ramai, suaranya kenceng. Kayak lagi nurunin batako gede, lumayan kenceng. Setelah dilihat ada satu truk jeblos dan mobil jip,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Sleman AKP Faisal Pratama mengatakan, kejadian tersebut masih dalam proses penyelidikan. Pihaknya mengonfirmasi, kejadian melibatkan dua kendaraan yang ambles ke arah proyek.

Diawali jatuhnya truk yang mengangkut kayu diikuti kendaraan Land Rover yang dikendarai warga Australia. ”Di dalam Land Rover total tiga orang, anak-anak satu. Korban trauma, luka ringan. Kejadian sekitar pukul 10.30,” katanya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Terkait truk yang membawa muatan kayu, pihaknya menyebut ada indikasi pelanggaran. Tapi hal tersebut masih diselidiki. Sebelumnya, truk melaju dari arah Jombor menuju ke timur.

Faisal membenarkan bahwa sebelumnya sudah dibuat pemberitahuan, bahwa bus dan truk, kecuali Trans Jogja dilarang melintas di jalan tersebut. ”Apakah penyebabnya karena beban berlebih atau bukan, masih dilihat kemungkinannya,” tuturnya.

Dari informasi yang dihimpun Radar Jogja, kejadian di Jalan Padjajaran sebelah  barat simpang empat Kentungan, turut Dusun Purwosari, Desa Sinduadi, Mlati, melibatkan truk berpelat H 1472 UI yang dikemudikan Ahmad Mujahidin warga Batang, Jawa Tengan. Kemudian mobil Land Rover No. TDI-110 yang dikemudikan Rule Michael John.

Truk mengalami rusak bodi samping kanan penyok, sementara mobil Land Cruiser rusak pada bagian body samping kanan. Adapun Jalan Padjajaran amblas seluas dua meter, panjang kurang lebih 15 meter. (riz/ila)

Sleman