SLEMAN – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau yang biasa disebut Bhabinkamtibmas merupakan aparat Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan. Tugasnya mengemban fungsi pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Belum lama ini, Bhabinkamtibmas Desa Ambarketawang Aiptu Ifanudin mendapatkan penghargaan oleh Polri yaitu peringkat ketiga Bhabinkamtibmas Teladan se-Indonesia. Kapolda DIJ Irjen Pol Ahmad Dofiri mengapresiasi keberhasilan salah satu jajarannya sehingga mendapatkan prestasi itu.

“Saya kira dia merupakan sosok Bhabinkamtibmas seperti yang diharapkan bersama,” sanjung Kapolda saat acara Silaturahmi Kamtibmas di Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman, Rabu(3/7).

Menurut Kapolda, Bhabinkamtibmas haruslah dekat dengan masyarakat dan lingkungannya. Selain itu, juga harus mampu berinovasi. Contoh nyatanya, kata Dofiri, seperti yang dilakukan Aiptu Ifanudin. “Kalau dilihat, di sini dia mampu membuat alat-alat gym yang dimodifikasi tapi tetap memenuhi standar,” kata Dofiri.

Selain itu, jenderal polisi bintang dua ini juga mengapresiasi kinerja Aiptu Ifanudin di masyarakat. Di mana Ifanudin kerap memberikan penyuluhan, menjadi khatib, dan sering mengadakan pengajian. “Jadi wajar jika dia diganjar penghargaan,” jelasnya.

Di DIJ ada sekitar 400 Bhabinkamtibmas. Pihaknya mendorong agar setiap mereka bisa berkreasi dan berinovasi. Dofiri percaya masing-masing punya kreativitas. “Seperti di sini, Ifanudin dengan bidang olahraga dan penyuluhan. Di tempat lain ada bidang kebudayaan, ada juga yang memberikan pengasuhan dan membantu kepada anak yatim. Jadi apa pun bisa dilakukan. Sepanjang melakukan hal yang positif,” lanjutnya.

Bertepatan dengan momen HUT ke-73 Bhayangkara ini, Polda DIJ berkomitmen memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Baik pelayanan SIM, SPKT, SKCK dan lain sebagainya. “Seperti anggota Bhabinkamtibmas itu selalu ada di tengah masyarakat. Itu menurut saya bagian dari pelayanan,” jelasnya. (har/laz/by)

Sleman