SLEMAN – Upaya Djarum Foundation dalam melakukan program penghijauan kembali dilakukan. Mulai 2019 ini mereka memrakarsai social movement bertajuk Siap Sadar Lingkungan atau disingkat Siap Darling. Gerakan ini mengajak peran serta para generasi muda untuk aktif melakukan perbaikan di lingkungan sekitar.

Siap Darling akan menjalankan program Candi Darling, yaitu rangkaian penghijauan di 267 candi yang tersebar di 64 kabupaten/kota yang ada di seluruh Indonesia. Rangkaian kegiatan ini diproyeksikan rampung 2025 mendatang. Kegiatan ini diawali di Kompleks Candi Prambanan, Rabu (26/6).”Sebagai langkah awal, Candi Darling menyasar Kompleks Candi Prambanan,’’ kata Vice President Djarum Foundation FX Supanji.

Dia berharap dengan kegiatan ini, lingkungan candi akan semakin teduh dan cantik. Sehingga, akan semakin menarik wisatawan yang berkunjung. Baik dari dalam, maupun luar negeri. Di candi yang berada di perbatasan Jogjakarta dan Jawa Tengah ini ditanam ratusan bibit pohon dan ribuan tanaman hias. Penanaman ini melibatkan ratusan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di DIJ. Hadir juga musisi peduli lingkungan Saykoji.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIJ Zaimul Azzah meyakini, kegiatan ini akan semakin menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap peninggalan para leluhurnya. Terlebih Kompleks Candi Prambanan dan Candi Sewu termasuk dalam daftar UNESCO dan diakui sebagai warisan dunia.(*/din/er)

Sleman