SLEMAN – Sebagai upaya menjalin silahturahmi dengan relasi dan warga sekitar, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar syawalan di Lobby Kampus III Gedung Bonaventura, Jumat (21/6). Syawalan diselenggarakan Kantor Humas, Sekretariat dan Protokol (KHSP) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Mahasiswa Islam (Forkomi UAJY).

“Syawalan atau halalbihalal menjadi salah satu tradisi tahunan khas Indonesia yang bila kita sadari menjadi waktu yang tepat untuk  saling bersilaturahmi dan saling memaafkan. Syawalan ini juga dapat menciptakan suasana yang kondusif dengan warga sekitar kampus,”  ujar Rektor UAJY Yoyong Arfiadi.

Dalam kesempatan itu, UAJY  mengundang warga sekitar kampus dari Padukuhan Mrican, Tambakbayan, dan Kledokan, serta relasi, media dan komunitas UAJY. Yoyong menyampaikan banyak terima kasih kepada relasi, terutama warga sekitar kampus, yang telah bersinergi menciptakan suasana yang kondusif. Terlebih banyak mahasiswanya yang tinggal di kos-kosan milik warga sekitar.

“Kami mengucapkan terima kasih karena telah memberikan tempat untuk anak-anak kami. Juga meminta maaf apabila ada dari mereka punya kesalahan atau pernah membuat tidak nyaman. Kami mohon untuk terus berkoordinasi terkait apa yang menjadi permasalahan di masyarakat,”  tambah Yoyong.

Turut hadir juga malam itu Dukuh Kledokan Supriyono. Dalam sambutannya, Supriyono mengatakan, syawalan ini merupakan bentuk kepedulian UAJY dengan masyarakat sekitar Babarsari dan Mrican. “Menjadi sesuatu yang baik pula bagi warga sekitar karena selama ini dari pihak warga selalu berkoordinasi baik dengan UAJY, untuk menciptakan suasana yang kondusif,” tuturnya.

Syawalan semakin lengkap dengan hadirnya Ustad Arif Mansyur, sebagai penceramah. Hidup rukun bersama tanpa adanya perbedaan suku, ras dan agama, dipilih menjadi tema ceramah. Baginya, suku, ras maupun agama bukanlah penghalang untuk tidak merealisasikan indahnya silaturahmi dan saling memaafkan. (sce/ita/laz/er)

Sleman