SLEMAN – Ratusan warga memadati Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sleman, Jumat. Mayoritas datang untuk mengajukan permohonan legalisasi akta kelahiran dan kartu keluarga (KK) sebagai syarat Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Kepala Dinas Dukcapil Sleman, Jazim Sumirat menjelaskan, peningkatan jumlah pemohon itu sudah terjadi sejak sebelum Lebaran. Lalu kembali meningkat setelah Lebaran.

“Jumat saat cuti Lebaran, permohonan untuk legalisasi cukup banyak. Bahkan setiap hari rata-rata 600 pemohon,” kata Jazim ditemui di kantornya Jumat (14/6).

Jazim menjelaskan, peningkatan permintaan legalisasi tersebut lantaran akta kelahiran dan KK menjadi syarat untuk PPDB. Digunakan untuk mendaftar sekolah tingkat TK, SD, dan SMP.

PPDB tingkat SD dimulai 20-25 Juni 2019. Pengumpulan berkas pendaftaran 24, 25, dan 26 Juni 2019. Bagi calon siswa kelas 7 SMP, pendaftaran PPDB online dilaksanakan 28 Juni-2 Juli 2019. Sedangkan untuk pengumpulan berkas pendaftaran berlangsung 1, 2, dan 3 Juli 2019.

“Kami perkirakan peningkatan legalisasi ini hingga awal Juli atau waktu PPDB selesai,” kata Jazim.

Para pemohon, kata Jazim, sudah antre sejak pagi. Bahkan sebelum pendaftaran dibuka, sebelum pukul 07.00. Untuk pelayanan, dibuka pukul 07.30-15.30 sesuai jam kerja. Setiap pemohon wajib membawa KK dan akta kelahiran asli.

Dengan meningkatnya permintaan legalisasi, pihaknya menambah jumlah personel. Agar semua pemohon terlayani. Selain itu, pihaknya juga memberlakukan shift agar pelayanan tidak terputus.

“Meskipun antrean banyak, semua bisa terlayani. Petugas juga sudah kami tambah agar pelayanan cepat,” kata Jazim.

Salah seorang pemohon, Maryani, warga Seyegan mengatakan, dia mengajukan legalisasi KK dan akta kelahiran untuk berjaga-jaga. Sebab, untuk pendaftaran SMA, dari informasi yang dia dapat, tidak perlu menggunakan legalisasi KK dan akta kelahiran.

“Untuk jaga-jaga saja, kalau-kalau nanti diminta oleh pihak sekolah. Jadi tidak repot lagi,” kata Maryani yang harus mengantre sejam untuk mendapatkan legalisasi akta kelahiran dan KK. (har/iwa/zl)

Sleman