SLEMAN – Belum lama ini Pemkab Sleman me-launching Mal Pelayanan Publik (MPP) dalam rangka memberikan layanan masyarakat secara terpadu. MPP berada di lantai satu kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT).

PUDAM Tirta Sembada melihat keberadaan MPP sebagai sebuah sarana yang sangat penting. Guna menyampaikan segala informasi yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat.

PUDAM Tirta Sembada ambil bagian di MPP dengan menempati loket nomor 17. Sebagaimana fungsi MPP, masyarakat bisa menggali informasi tentang layanan air bersih konter di konter PUDAM Tirta Sembada.

Direktur PUDAM Tirta Sembada Dwi Nurwata SE MM menuturkan, konter di MPP melayani kebutuhan informasi, konsultasi, permintaan rekomendasi, hingga permohonan sambungan baru. Serta permintaan air minum atau langganan air minum dalam kemasan (AMDK) Daxu yang dikelola PUDAM Tirta Sembada. Bahkan aduan, saran, kritik, hingga keluhan masyarakat terkait pelayanan air bersih maupun AMDK bisa dilayani di konter PUDAM Tirta Sembada yang ada di MPP. “Layanan di konter buka setiap hari Senin hingga Jumat pada jam kerja,” jelas Dwi, Senin (13/5).

Melalui MPP, lanjut Dwi, PUDAM Tirta Sembada bermaksud meningkatkan peran dan layanan bagi masyarakat lewat satu pintu. Dengan begitu setiap pelanggan cukup datang di konter dan akan mendapatkan segela informasi tentang pemenuhan air bersih. “Keberadaan mal itu sendiri kan memang untuk meningkatkan layanan bagi masyarakat. Kami ingin menjadi bagian dari itu. Seluruh informasi tentang Sleman bisa diakses di mal itu,” paparnya.

Dengan dibukanya konter PUDAM Tirta Sembada di MPP, layanan pemenuhan dan permintaan sambungan air bersih bisa lebih efektif.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, rekomendasi layanan air bersih ditujukan bagi para pengusaha yang akan membuka tempat-tempat usaha, seperti hotel, kondotel, kos-kosan, atau toko. “Karena untuk mendapatkan izin peruntukan tanah (IPT) harus ada rekomendasi dari PUDAM Tirta Sembada. Aturannya memang begitu,” kata Dwi. “Makanya kami tempatkan konter di MPP supaya proses permohonan IPT bisa satu pintu, sehingga lebih praktis dan cepat,” tambahnya. (*/yog/zl)

Sleman