SLEMAN – Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada Ramadan 1440 H ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman melakukan Safari Tarawih keliling. Untuk lokasi pertama dilakukan di Rumah Dinas Bupati Sleman pada Senin malam (6/5) dengan mengundang jajaran kepala dinas beserta staf.

Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) menyampaikan, Ramadan ini adalah momentum untuk perbaikan diri secara total. Baik itu perbaikan mental dan spiritual. Sekaligus perbaikan pola hidup dan pola makan untuk menjaga kesehatan lahir dan batin  seutuhnya. “Maka barang siapa yang sadar dan ikhlas menjadikan Ramadan sebagai bulan perbaikan diri, dia akan menjadi baik,” kata SP.

Oleh karena itu SP meminta kepada seluruh jajarannya agar mengisi Ramadan ini dengan komitmen memperbaiki diri. Caranya dengan menjaga kesabaran dan kemampuan menahan diri dengan ibadah puasa. “Mari bersama-sama memahami hikmah puasa Ramadan bagi umat Islam,” ujar SP.

Hikmahnya, kata SP, begitu banyak. Di antaranya merupakan bagian dari tuntunan dan ajaran di dalam Islam itu sendiri. Sebab setiap  Ramadan tiba, Rasulullah SAW senantiasa memberikan contoh agar meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah puasa, qiyamul lail, zikir, dan amal salehnya. “Dan saat ini, menghadapi bulan puasa ini dengan baik pula,” ungkapnya.

Safari Tarawih yang akan dimulai pada malam hari ini diharapkan mampu mempererat tali silaturahim antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan demikian nantinya akan terjalin rasa kekeluargaan yang erat antara pemerintah dengan masyarakat.

Dari persaudaraan ini, lanjutnya, akan tumbuh kebersamaan. Yaitu kebersamaan untuk mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri berbudaya. Tak lupa juga SP menyinggung masalah terintegrasikannya sistem e- goverment menuju smart regency (kabupaten pintar) tahun 2020.

Safari tarawih ini, juga bisa menjadi sarana bagi masyarakat menyampaikan aspirasi, mengenai segala permasalahan pemerintahan dan pembangunan.”Sehingga akan semakin memantapkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan,” jelasnya.

Safari Tarawih yang akan dilaksanakan di kecamatan-kecamatan. Dalam kesempatan tersebut  juga akan diserahkan berbagai bantuan yang berasal dari pos bantuan yang ada di APBD Sleman, Bazda, bantuan instansi, serta infaq jamaah. Nantinya bantuan itu akan serahkan untuk keperluan pemberdayaan dan kemakmuran masjid.  “Bantuan ini semoga bisa bermanfaat untuk memajukan kemakmuran masjid, yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi upaya peingkatan ke Islaman, keimanan, dan ketaqwaan masyarakat,” tandasnya. (har/din/by)

Sleman