SLEMAN – Dinas Pariwisata (Dispar) DIY menyelenggarakan lomba desa wisata dan homestay Tingkat DIY diikuti 15 desa wisata dan homestay. Lomba dilaksanakan untuk memotivasi dan meningkatkan daya saing sesama desa wisata serta homestay.

Pengumuman pemenang lomba desa wisata dan homestay tingkat DIY tersebut diselenggrakan di Desa Wisata Tebing Breksi, Prambanan Sleman, belum lama ini (30/4).

Wardoyo selaku Kepala Bidang Pengembangan Kapasitas Dinas Pariwisata DIY mengatakan, lomba desa wisata dan homestay diselenggarakan sebagai upaya mendorong dan memajukan potensi desa wisata serta homestay di DIY. Perlombaan digelar dengan memamerkan daya tarik yang ada di desa wisata atau kampung wisata dan homestay.

“Target kedepan dengan adanya lomba ini dapat memotivasi desa atau kampung wisata dan homestay dari belum berkembang hingga bisa meningkatkan kualitas dari segi pelayanan dan fasilitas,” jelasnya.

Wardoyo menambahkan, adanya kegiatan ini menjadi inspirasi untuk lebih giat lagi menata kawasan desa wisata yang mengacu pada standarisasi, dengan harapan kemajuan kepariwisataan di DIY menuju kelas dunia.

Pada lomba desa wisata dan homestay tingkat DIY, desa wisata Krebet, Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul berhasil meraih Juara I. Sedang juara II desa wisata Pulesari, Wonokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Juara III  desa wisata Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Untuk juara harapan I desa wisata Pancoh, Girikerto,Turi Kabupaten Sleman, juara harapan II desa wisata Mulo, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, dan juara harapan III desa wisata Tembi, Timbulharjo, Sewon, Kabupaten Bantul. Sedangkan untuk kategori homestay juara I milik Aris Budiyono Gunungkidul, Juara II Omah Delik Yogya, Juara III Iban Bantul, Juara Harapan I-III Homestay Nara Bantul, Sonorejo Sleman, dan Homestay Bima 4 Kulonprogo. Para pemenang masing-masing mendapat trofi dan uang pembinaan. (*/a1/pra/er)

Sleman