SLEMAN – Dies Natalis Ke-55 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2019 akan lebih istimewa dari perayaan sebelumnya. Kali ini UNY akan memecahkan rekor MURI dengan menghadirkan penari Jathilan terbanyak. Dalam Festival Jathilan 2 Mei mendatang.

“Festival Jathilan ini menjadi festival pertama kami dengan 3.500 penari,” ujar Rektor UNY Sutrisna Wibawa dalam konferensi pers, Senin (15/4).

Jathilan yang akan digelar di Lapangan Hoki FIK UNY. Pilihan jathilan, karena merupakan hiburan masyarakat. Menurut Sutrisna, meski banyak kegiatan akademik dalam peringatan Dies Natalis ini, sentuhan seni dan budaya tetap dipertahankan UNY.

Pada Dies Natalis kali ini, panitia mengambil tema ‘Inovasi Pendidikan Untuk Indonesia’ dengan harapan Dies Natalis ini dapat mengingatkan kepada semua civitas akademika UNY untuk memperkokoh visi UNY sebagai leader dalam menginovasi dan untuk menginternalisasikannya dalam setiap kegiatan. Sehingga, dapat melahirkan sumber daya manusia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif.

Dekan Fakultas Ekonomi UNY Sugiharsono menambahkan, panitia Dies Natalis ke-55  juga akan menggelar berbagai kegiatan di lingkup kampus dan di luar kampus seperti donor darah dan bakti social “Untuk memeriahkan Dies Natalis ke-54 ini kami menggelar konser musik  dengan menghadirkan musisi Maliq & D’Essentials,” tuturnya.

Uniknya tiket masuk bagi mahasiswa UNY sedikit berbeda dari konser kebanyakan. Tidak dibeli dengan uang, tiket konser ditentukan berdasarkan nilai IPK. Mahasiswa yang memiliki IPK tinggi  akan mendapatkan tiket VIP. “Hal ini dimaksudkan untuk menyemangati para mahasiswa agar serius kuliah dan sebagai bentuk apresiasi kami kepada mereka yang mempunyai IPK tinggi,” ungkapnya.

Kegiatan Dies Natalis ini akan berlangsung mulai bulan April hingga Mei 2019. Akan berlangusung kegiatan bazar, Festival Dalang Cilik, pagelaran wayang kulit, dsb selama perayaan Dies Natalis. “Pada puncak Dies Natalis pada 21 Mei mendatang kami mengundang Ngarso Dalem Sri Sultan Hamengku Buwono X,” katanya. (sce/ita/mg1)

Sleman