SLEMAN – Saat ini Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) dan Protokol Pemkab Sleman dijabat Shavitri Nurmala Dewi. Karena jabatannya pula, dia harus dekat dengan jurnalis yang meliput kegiatan Pemkab Sleman.

Akrab disapa Evie, dia mengaku tidak mau terkenal. Perempuan kelahiran Juni 1966 tersebut murah senyum. Saat menjawab pertanyaan Radar Jogja diselingi canda dan tawa. Mencairkan suasana.

Shavitri Nurmala Dewi. (JAUH HARI WAWAN S/RADAR JOGJA)

Dia bukan orang baru di Bagian Humas. Sebab Evie mengawali karir di Bagian Humas lalu menjadi Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman. Dan kembali lagi ke Humas.

‘’Saya suka dunia tulis menulis. Bahkan sejak masih SD (Sekolah Dasar) sudah suka dunia tersebut. Semakin suka saat SMP dan SMA. Nulis di majalah dinding (mading) sekolah. Kebanyakan menulis puisi,’’ kata Evie.

Ibu dua putera tesebut pengagum sastrawan NH Dini, Taufik Ismail, dan Yasunari Kawabata. NH Dini menulis perubahan nilai dan sikap perilaku orang Indonesia.

‘’Gaya bercerita NH Dini kerap menambahkan realita kehidupan. Dikemas dalam sudut pandang berbeda. Menjadikan inspirasi saya untuk menulis,’’ kata Evie.

Sedangkan Taufik Ismail menurut Evie merupakan penyair relijius. “Tulisannya sarat kritik sosial,” katanya.

Evie menilai Yasnuari Kawabata cenderung memotret perubahan budaya masyarakat Jepang saat bersinggungan dengan budaya barat. “Namun tiga-tiganya tetap menjadi idola dan inspirasi saya,” kata Evie

Dia, sejak 2012, sudah menerbitkan enak buku. “Sebenarnya tujuh. Yang terakhir berjudul Sleman dalam Sketsa. Dibagikan besok ketika HUT Sleman,” jelasnya.

Menggarap buku tidak dilakukan Evie seorang diri. Ada bantuan koleganya. Buku Sleman dalam Sketsa dia meminta bantuan seniman yang jago membuat sketsa.

“Isinya tentang Sleman. Tapi wujudnya adalah gambar,” ucap Evie.
Evie bertekad mengembangkan objek wisata Lava Bantal. Agar menjadi destinasi wisata unik. Di sekitarnya banyak objek wisata, Embung Tegaltirto, Candi Abang, Candi Ijo, dan Tebing Breksi.

Saat ini dia fokus sebagai Kabag Humas dan Protokol Pemkab Sleman. “Memang ini tugas berat. Menjembatani kepala daerah dan masyarakat. Saya akan berusaha sebaik mungkin,” kata Evie. Dia mengawali karier di Humas pada 1993. (har/iwa/mg3)

Sleman