SLEMAN – Ada beragam cara untuk memulai hidup sehat. Salah satunya yakni dengan bersepeda. Hal itulah yang coba digalakkan Pemdes Condongcatur kepada masyarakatnya.

Sebagai salah satu rangkaian acara jelang HUT Desa Condongcatur ke-72, Pemdes menyelenggarakan funbike dan senam. Kepala Desa Condongcatur Reno Candra Sangaji mengatakan, acara tersebut ingin mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui gemar berolahraga.

“Karena saya juga suka bersepeda makanya saya libatkan masyarakat untuk ikut aktivitas serupa. Yakni sepeda,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara funbike di Lapangan Kentungan Condongcatur belum lama ini (16/12).

Selain murah meriah dan ramah lingkungan, Reno meyakini bahwa bersepeda dapat mempererat keakraban warga. Dia mengungkapkan, setidaknya ada 4.700 peserta funbike. Para peserta datang tak hanya dari Condongcatur, tapi juga luar daerah. Seperti Klaten dan Purworejo. Mengangkat tema Condongcatur Rumah Kita, Reno ingin merangkul semua masyarakat yang tinggal di desa tersebut. Dia ingin siapa pun merasa memiliki dan nyaman berada di Condongcatur.

Penentuan sapi sebagai hadiah utama tersebut dianggap Reno anti-mainstream. “Biasanya kan hadiah utama berupa motor. Kita mau yang beda. Oleh sebab itu kita berikan seekor sapi,” katanya. Dia pun beralasan bahwa hadiah sapi mampu memikat warga di pelosok-pelosok desa.

Salah seorang warga yang berhasil mendapatkan sepeda gunung, Galih Setiawan, mengatakan, dia juga mengincar hadiah utama. Namun mendapat sepeda pun diakuinya sudah membuat senang. “Nggak nyangka. Sering ikut acara-acara seperti ini. Baru kali ini dapat doorprize,” ujar warga yang indekos di Condongcatur tersebut.

Sedangkan warga yang berhasil mendapat sapi yakni Vicky Setiawan, mengaku terharu dan tak menyangka. Warga asal Wonosari, Gunungkidul itu ingin segera membawa hadiah utama. “Nanti saya kabari dulu orangtua di Gunung kidul. Biar sapinya bisa dibawa ke sana untuk mereka,” kata warga yang mengontrak di Pohruboh, Condongcatur ini. (sce/cr9/ila)

Sleman