SLEMAN – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perijinan Terpadu (DPMPPT) Sleman Sutadi Gunarto berkomitmen menjalankan roda birokrasi administrasi dan pelayanan masyarakat tetap sesuai koridor hukum. Sebagaimana diketahui, DPMPPT merupakan pintu masuk semua jenis permohonan perizinan, baik untuk kepentingan usaha maupun pribadi.

Nah, guna memberi kepastian hukum bagi masyarakat, Gunarto tak ingin pelayanan perizinan berjalan tidak sistematis. Mantan sekretaris DPRD Sleman itu menjamin semua permohonan perizinan bakal diproses lebih lanjut asal semua syarat yang dikenakan lengkap. Sebaliknya, permohonan izin tanpa kelengkapan syarat akan segera dikembalikan kepada pemohon untuk dilengkapi.
“Prinsip, tak ada yang sulit dalam proses perizinan. Alurnya jelas. Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya.
Berbeda dengan permohonan izin atas usaha atau proyek fisik yang memang melanggar regulasi. Gunarto menyontohkan pembangunan The Lost World Castel (TLWC) di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan.
Mengingat banyak aturan yang dilanggar, Gunarto memastikan, lembaganya tak akan mengeluarkan izin meskipun ada pengajuan dari pengelola. “Itu jelas menyalani aturan kawasan rawan bencana Gunung Merapi. Investor seharusnya mematuhi aturan yang berlaku,” ujarnya.
Menurut Gunarto, sebelum melakukan pembangunan pengelola seharusnya memahami dulu syarat-syarat dan aturannya. “Jangan sudah jadi baru mengurus izinnya,” sindir Gunarto yang dilantik sebagai kepala DPMPPT Sleman awal Januari lalu.
Apalagi, lanjut Gunarto, selama ini belum pernah ada permohonan izin TLWC. “Kalau kami, ya, tegas, tidak akan menerbitkan Ijin Membangun Bangunan (IMB). Permohonannya saja tidak ada,kok,” ungkap alumnus Magister Hukum UGM 2002 itu.
Gunarto menyayangkan tak adanya itikad baik pengelola untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada pemerintah daerah. Padahal, untuk pengajuan izin, Gunarto, menjamin adanya kemudahan akses. Warga cukup membuka website DPMPPT atau datang ke kantor setempat untuk berdiskusi dengan petugas pelayanan.(dwi/yog/mg1)

Sleman