SLEMAN- Bupati Sri Purnomo (SP) mendorong pelaku desa wisata terus berinovasi dalam pengembangan usaha. Selain berkreasi, pengelola dituntut selalu bisa menciptakan suasana aman dan nyaman bagi wisatawan.
Itu penting, mengingat kepercayaan wisatawan menjadi modal utama kemajuan desa wisata. “Tujuannya tidak sekadar berhasil, tetapi bisa berkelanjutan,” ujar SP di sela Safari Tarawih di Masjid As Salam, Karanggeneng, Purwobinangun, Pakem akhir pekan lalu.
SP mengatakan, wilayah Pakem termasuk kawasan yang bisa diunggulkan sebagai area wisata minat khusus. Misalnya outbound, agroindustri, perikanan, dan budaya.
Nah, untuk itu dibutuhkan ide-ide segar agar wisatawan tidak bosan. Lebih dari itu bisa mempengaruhi wisatawan untuk datang kembali lain waktu. Bahkan, bukan tidak mungkin wisatawan bersangkutan mengajak kelompok lain berkunjung ke Pakem.
SP mengingatkan, salah satu hal krusial yang harus diperhatikan adalah penataan dan penjagaan kebersihan lingkungan. “Kawasan yang bersih tanpa sampah akan menciptakan kenyamanan bagi wisatawan,” tandas orang nomor satu di Sleman itu.
SP juga menyoroti kalangan investor desa wisata. Mereka diminta melibatkan masyarakat setempat dengan mengutamakan kearifan lokal. SP tak ingin warga sebagai “pemilik” desa wisata justru hanya jadi penonton.
Dengan keterlibatan masyarakat secara aktif, berarti telah tercipta lapangan pekerjaan. Dengan begitu taraf kehidupan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat ikut terangkat.
Ketua Komisi B DPRD Sleman Nur Hidayat mendorong pemerintah membuka pintu seluas-luasnya bagi investor yang tertarik mengembangkan desa wisata.
Sebagai wakil rakyat yang membidangi keuangan dan investasi, Dayat, begitu sapaan akrabnya, berharap desa wisata bisa menjadi ladang bisnis alternatif. Salah satu pengembangan yang bisa dilakukan investor berupa homestay.
Menurut Dayat, penginapan tradisional bernuansa unik pedesaan mulai diminati wisatawan. Pembangunan sarana menginap pun tak lagi harus di kawasan premium. Tapi bergeser ke pedesaan, dengan konsep berbeda dan lebih ramah lingkungan. “Kami siap memfasilitasi calon investor yang serius ingin mengembangkan desa wisata di Sleman,” ucap politikus PAN itu.(**/yog/din/ong)

Sleman