BANTUL – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau keluarga jamaah haji tertib dan mematuhi panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) saat melakukan penjemputan.
Sebab, berkaca pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kerabat jamaah haji kerap tak dapat menahan diri saat anggota keluarga mereka tiba dari tanah suci. “Seringnya melampiaskan kerinduan kemudian lupa dengan barang-barang bawaan,” terang Kepala Kantor Kemenag Bantul Abdul Madjid kemarin (16/10).
Berdasarkan informasi, jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 24 SOC dari KBIH Aisyiyah akan menjadi rombongan pertama yang tiba di Bantul. Kemudian, sorenya disusul jamaah haji dari KBIH Bina Umat. Malam harinya rombongan jamaah haji dari KBIH Hajar Aswad, Multazam, dan Arofah. “Kloter 28 SOC dari KBIH Rindu Kakbah dan non KBIH tiba pada hari Selasa pukul 08.20. Siangnya kloter 29 SOC dari KBIH Muslimat NU,” papar Humas Kantor Kemenag Bantul Ponijo.
PPIH terdiri dari Kantor Kemenag, Dinas Sosial serta sejumlah satuan kerja perangkat daerah terkait. Agar kepulangan jamaah haji berjalan tertib, PPIH merekomendasikan satu jamaah dijemput satu orang. PPIH juga meminta penjemput membawa kartu undangan. “Undangan diambil di sekretariat KBIH masing-masing. Khusus non KBIH, undangan diambil di Kantor Kemenag,” tambahnya.(zam/din/ong)

Sleman