Tidak akan Ada Pengistimewaan Kandidat

BANTUL – Hari ini, DPC PDI Per-juangan (PDIP) Bantul mulai mem-buka proses penjaringan kandidat calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup). Dalam proses yang berlangsung hingga 15 Oktober mendatang ini di-harapkan mampu menjaring empat bakal calon (balon) kandidat. Ketua DPC PDIP Bantul Aryunadi mengatakan, DPC akan mem-buka proses penjaringan tahap kedua pada 16 hingga 30 Oktober. Itu jika proses penjaringan tahap pertama belum mampu menelur-kan empat balon kandidat cabup dan cawabup. “Setelah itu, proses verifikasi mulai tanggal 1 hingga 15 Nopomber,” terang Aryun, sa-paan akrabnya saat konferensi pers mengenai penjaringan bakal cabup dan cawabup PDIP di kantor DPC PDIP Bantul kemarin (30/9).
Kemudian, seluruh berkas balon kandidat cabup-cawabup akan di-serahkan kepada DPD PDIP DIJ untuk dilakukan proses pe nyaringan. Penyaringan di DPD sendiri baru akan dimulai pada tanggal 16 hing-ga 30 Nopember mendatang. ” Selanjutnya, proses penyaringan di DPP mulai tanggal 1 Desember sampai 31 Desember,” paparnya.Aryun berharap berbagai tahapan tersebut berjalan sesuai jadwal. Dengan demikian, pada awal Ja-nuari DPC PDIP diharapkan sudah dapat mengumumkan kandidat cabup-cawabup.Menurutnya, baik DPC, DPD maupun DPD dapat melakukan proses penjaringan. Selain mem-buka ruang bagi masyarakat umum yang ingin mendaftar, DPC PDIP juga memberikan keleluasaan bagi setiap PAC untuk mengajukan maksimal dua nama balon kandi-dat. “Baik didukung seribu pe ngusul maupun satu orang derajat (balon kandidat) sama,” tegasnya.
Pernyataan ini sekaligus menepis DPC memberikan keistimewaan tersendiri bagi kandidat cabup-cawabup yang memiliki basis massa yang kuat. Begitu pula dengan balon kandidat yang memiliki peluang cukup tinggi seperti Bupati Bantul Sri Surya Widati. “Di internal partai tidak ada dukung-mendukung (ke salah satu balon kandidat tertentu),” ungkapnya.Senada diungkapkan Sekreta-ris DPC PDIP Bantul Yulianto. Dia meminta seluruh bakal ca-lon kandidat optimistis dapat lolos dalam berbagai tahapan seleksi. “Jangan khawatir jika dianaktirikan. Semua kita perlakukan sama,” tegasnya.Selain cabup, berbagai tahapan proses ini juga menyeleksi untuk ba-lon kandidat cawabup. Sebab, rekomendasi yang dikeluarkan DPP PDIP merupakan satu pasangan calon cabup-cawabup.(zam/din/ga)

Sleman