Hanung Raharjo Ajak Bedakan Kepentingan Koalisi dan Rakyat
BANTUL – DPRD Bantul akhirnya me-miliki pimpinan definitif. Hanya, rapat paripurna istimewa yang diselenggarakan kemarin (18/9) baru melantik tiga pimpi-nan dewan (pimwan). Itu karena salah satu calon pimwan tengah menjalankan ibadah haji.Sekretaris DPRD Bantul Helmi Jamharis menyebutkan tiga pimwan yang dilantik adalah Ketua DPRD Hanung Raharjo (PDIP), Wakil Ketua I Nur Subiyantoro (Partai Gerindra), dan Wakil Ketua II Mahmud Ardi Widanto (PAN).
“Untuk Wakil Ketua III Arni Tyas Paluppi nanti sepulang dari ibadah haji pelantikan-nya,” terang Helmi usai pelantikan. Pelantikan pimwan perwakilan dari Par-tai Golkar tersebut nantinya juga akan dilakukan melalui rapat paripurna isti-mewa. Sementara itu usai pelantikan Ha-nung Raharjo mengatakan pimwan akan fokus membentuk tata tertib (tatib) dan alat kelengkapan (alkap) DPRD. Langkah ini ditargetkan dapat selesai pada bulan ini. “Insyallah bulan ini sudah terbentuk,” ujarnya.
Hanung menilai persoalan pembentukan alkap bisa dikatakan mudah. Itu jika komu-nikasi antarfraksi terjalin dengan baik. Sekalipun seluruh fraksi yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) bertekad mengincar seluruh posisi jabatan strategis di alkap. “Kalau koalisi permanen dalam pilkada okelah tak apa-apa. Tapi dalam rumah tangga (DPRD) kalau tidak ada keseimbangan kan bisa pincang,” ungkapnya.
Selain itu, Hanung juga meminta seluruh fraksi di DPRD kooperatif. Agar kinerja par-lemen periode 2014-2019 dapat berjalan dengan maksimal. “Kepemimpinan (DPRD) sekarang dika-takan ringan ya bisa. Dikatakan berat juga bisa. Saya kira nanti teman-teman bisa memisahkan mana kepentingan rakyat dan kepentingan politik partai,” bebernya. (zam/ila/gp)

Sleman