TURI – Safari tarawih keliling (tarling) ke 4 Pemkab Sleman menyambangi warga lereng Merapi di Masjid Al Hasanah, Girikerto, Turi, Kamis (3/7). Bupati Sleman Sri Purnomo (SP) yang hadir bersama sekitar 50 pejabat teras dan BUMD dan BUMN untuk pertama kali mengungkapkan makna tarling yang selalu digelar setiap tahun selama bulan puasa. “Ini jadi ajang silaturahmi. Pejabat bertemu langsung dengan masyarakat untuk memakmurkan masjid,” ungkapnya.
Tarling juga menjadi sarana komunikasi antar pihak secara informal dan sederhana. Selain untuk melihat secara riil ibadah masyarakat, sekaligus menyerap aspirasi masyarakat. Dalam kesempatan itu, SP kembali mengingatkan agar setiap pemilik hak pilih memanfaatkan suaranya secara bijak dalam pemilihan presiden pada 9 Juli. “Utamanya tetap menjaga kerukunan antar warga meski beda pilihan,” imbaunya. Tarling juga menjadi ajang beramal bagi rombongan, yang mewakili pemerintahan maupun institusi di Sleman.
Bupati menyampaikan bantuan, diantaranya berupa infaq dari Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Bank Sleman, Badan Amil Zakat, dan Pemkab Sleman.Serta 12 kitab suci Alquran dan 10 jilid buku Iqro. Kesempatan itu tidak disia-siakan oleh takmir untuk minta bantuan kepada bupati guna perluasan serambi masjid.
Sementara, KH Ahmad dari Kemenag Sleman menyampaikan kuliah tujuh menit (kultum) tentang arti syukur kepada Allah SWT. “Siapa yang selalu mensyukuri nikmat Allah niscaya akan ditambah pahala dan rejekinya,” tutur Ahmad.(yog/din)

Sleman